Kisah Influencer Kang Nara, Pembelot yang Hobi Dandan dan Sembunyi dari Patroli Korea Utara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Tren make up ala wanita Korea Selatan memang banyak dinanti-nantikan. Banyak beauty vlogger yang bisa dijadikan inspirasi make up bak idol K-Pop.

Dari sekian banyak beauty vlogger atau influencer, sosok wanita Kang Nara cukup mencuri perhatian publik. Sosoknya yang merupakan pembelot dari Korea Utara membuat publik penasaran.

Ada cerita menarik ketika berada di kampung halamannya di Chongjin, Provinsi Hamgyong Utara, Korea Utara. Rupanya, Kang Nara tidak akan pernah bisa melakukan hobi dandannya.

BACA JUGA: Heboh! Kasus Bullying Jimin ke Mina AOA Selama 10 Tahun, Ini Fakta-faktanya!

“Mengenakan lipstik merah adalah hal yang tidak terbayangkan di Korea Utara,” katanya, dikutip dari CNN pada Kamis 9 Juli 2020.

“Warna merah melambangkan kapitalisme dan mungkin itulah sebabnya masyarakat Korea Utara tidak akan membiarkan Anda memakainya.”

Wanita yang hari ini, Kamis 9 Juli 2020, merayakan ulang tahun ke-23 itu merasa kebebasan pribadinya dibatasi. Bahkan, dari apa yang ia kenakan hingga bagaimana ia mengikat rambut.

Sebagian besar orang di kampung halaman Kang Nara hanya diperbolehkan memakai warna terang selain merah di bibir mereka dan rambut panjang yang harus diikat rapi atau dikepang.

Setiap kali ia berdandan, maka Kang Nara harus berjalan melewati yang bukan jalan utama untuk menghindari “Gyu­chaldae” atau patroli polisi Korea Utara.

“Setiap kali saya berdandan, orang-orang tua di desa akan mengatakan bahwa saya seorang bajingan yang kapitalis. Ada unit patroli khusus setiap 10 meter yang bertugas untuk menindak penampilan pejalan kaki,” kata Kang Nara.

“Kami tidak diizinkan mengenakan aksesori seperti ini,” katanya sambal menunjuk pada cincin dan gelang peraknya.

Tak hanya itu, pemerintah Korea mereka juga dilarang mengenakan pakaian yang dianggap terlalu kebarat-baratan seperti rok mini, kemeja dengan tulisan Inggris, dan celana jins ketat.

Ada denda dan hukuman yang berlaku meski berbeda di berbagai daerah.
Beberapa pelaku biasa­nya diminta untuk berdiri di tengah alun-alun kota. Namun, ada juga yang diperintahkan untuk melakukan kerja keras.

“Banyak wanita yang dinasihati untuk mengenakan pakaian rapi dan memiliki penampilan yang bersih,” jelas Nam Sung-wook, seorang profesor studi Korea Utara di Universitas Korea.

Kini, Kang Nara sudah dapat melakukan hobinya itu. Ia diketahui tinggal di Seoul, Korea Selatan, usai membelot pada tahun 2014 lalu untuk menyusul ibunya.

Kang Nara pun beradaptasi dengan teknologi dan tren yang sebelumnya tak pernah ia temui. Berbekal paras yang cantik dan ketertarikanya terhadap dunia kecantikan, kesempatan ini pun tidak disia-siakan.

BACA JUGA: Kocak! Ternyata Ini yang Bikin Sung Hoon ‘Ngorok’ saat Live Instagram

Setelah enam tahun tinggal di negeri ginseng, ia pun berhasil menjadi seorang beauty influencer dan membuka akun Youtube-nya sendiri, 놀새나라TV (Surprised Nara TV).

Dalam kanal YouTubenya itu, ia kerap membagikan inspirasi makeup ala wanita Korea Utara, makeup musim dingin, hingga video menggunakan produk-produk Korea Utara yang sulit didapat. Selain itu, ia juga tidak segan memberitahu para subcribers-nya seputar kehidupan di Korea Utara.

Menariknya, ia turut menyertakan teks bahasa Inggris pada videonya. Maka itu, tidak hanya penonton dari Korea saja yang bisa menikmati, tetapi masyarakat luas, termasuk Anda pun bisa.

Yuk cek videonya di bawah ini!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini