Unik! Begini Transformasi Mobil Batman dari Masa ke Masa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pecinta DC dan superhero tentu tahu pahlawan super yang terkenal dengan aksinya menumnpas kejahatan di kota Gotham. Yap, Batman.

Disetiap aksinya, pahlawan super satu ini terkenal dengan kostum kelelawar hitam dan juga kendaraan yang ia tunggani untuk melawan musuh. Kendaraan tersebut ia namai Batmobile. Mobil ini bukan sembarang mobil. Melainkan kendaraan yang memiliki fasilitas canggih untuk membantu Batman menumpas kejahatan.

Nah tahukah kamu, kendaraan Batman ini selalu berevolusi dari masa ke masa? Dari tahun ke tahun mobil Batman selalu berkembang, mulai dari model hingga fitur-fiturnya.

Seperti apa saja ya model Batmobile yang kerap dipakai Batman untuk beraksi dari tahun ke tahun? Yuk simak!

  1. The Batman (1941)
Batmobile dalam film The Batman 1941

Film The Batman pada tahun 1941 merupakan sekuel pertamanya. Yang berarti Batmobile ini juga menjadi mobil pertama Batman. Kalau kamu terbiasa menyaksikan film Batman modern, maka kamu akan kaget jika melihat Batmobile satu ini.

Batmobile pertama ini jauh dari kata canggih dan modern. Mobil ini merupakan jenis Cadillac buatan tahun 1939. Jika dilihat, Batmobile ini nam[ak seperti mobil-mobil kuno pada umumnya. Tak ada kesan modern apalagi fitur canggih yang biasa kamu tonton di film-film Batman terbaru.

2. Batman dan Robin (1949)

Batmobile dalam film Batman and Robin 1949 (pinteres)

Masih sama dengan Batmobile sebelumnya, mobil ini masih jauh dari kata canggih. Pada tahun in, Batman menggunakan Batmobile jenis Mercury. Belum ada desain modern apalagi spesfifikasi canggih dalam Batmobile ini. Meski begitu, aksi Batman menumpas kejahatan tetap memukau ya.

3. Batman: The Movie (1966)

Batmobile dalam film Batman: The Movie 1966 (DC comics)

Nah di sekuel ini, Batmobile sudah mulai menunjukan kebolehannya nih. Pada filmnya di tahun 1966, mobil Batman mulai unjuk gigi dengan desai yang futuristik pada zamannya.

Hal ini terlihat dari bagian sayap disetiap sisi mobil dan atapnya yang seperti peswat jet. Desain tersebut membuat Batmobile ini menjadi kendaraan Batman yang paling legendaris dan selalu dikenang penggemarnya.

4. Batman (1989)

Batmobile dalam film Batman 1989 (wordpres)

Makin kesini, desain Batmobile juga semakin menjanjikan nih gaes. Di film Batman pada tahun 1989, mobil Batman sudah mulai lebih keren, canggih dan modern.

Desain dari Batmobile di tahun ini terlihat epic dan menarik. Bahkan jauh berbeda dari Batmobile sebelumnya. Kendaraan Batman di tahun ini juga sudah mulai dilengkapi fitu canggih seperti persenjataan dan bahan pelapis baja yang mampu bertahan di medan tempur saat melawan musuh.

5. Batman Returns (1992)

Batmobile dalam film Batman Returns 1992 (the globe and mail)

Batmobile satu ini semakin canggih dan cukup mengalami banyak perubahan dari Batmobile sebelumnya, termasuk dari segi desain.

Pada film Batman Returns, kendaraan Batman ini dibuat menjadi bisa berputar hingga 369 derajat. Kabarnya, hal tersebut merupakan permintaan langsung dari Bruce Wayne. Meski begitu, perubahan tampilannya tetap membuat Batmobile makin terlihat memukau.

6. Batman Forever (1995)

Batmobile dalam film Batman Forever 1995 (Mashable)

Ada sedikit perbedaan dari Batmobile di Batman Forever tahun 1995 ini. Yakni tambahan warna Neon biru yang makin bikin mobil Batman ini terlihat memukau.

Kabarnya, menurut sang sutradara, Schumacer, penambahan warna tersebut agar Batmobile tidak terlalu terlihat gelap dan monoton. Namun, gak cuma warna mobilnya aja yang dimodifikasi, tetapi cuga fiturnya. Dimana pada Batmobile ini Batman bisa mengendarai sampai di sisi-sisi bangunan. Keren kan?

7. Batman dan Robin (1997)

Batmobile dalam film Batman and Robin 1997 (the guardian)

Kabarnya, Batmobile di film Batman dan Robin tahun 1997 ini terinspirasi dari perpaduan Batmobile tahun 1989 dengan Batmbile tahun 1995. Perubahannya pun tak terlalu sifnifikan, terutama bagian desain.

Pada Batmobile ini hanya ditambahan lampu neon saja, yang semula hanya ada biru kemudian ditambahkan jadi warna oranye. Sayangnya, dilansir dari beberapa sumber, kehadiran Robin pada film Batman tahun ini membuat performa dan fitur canggih Batmobile jadi tak terlalu terlihat.

8. Batman Begins (2005)

Batmobile dalam film Batman Begins tahun 2005

Bisa dibilang, Batmobile di film Batman Begins di tahun 2005 menjadi mobil Batman dengan desain yang paling unik. Jika, biasanya Batmobile terkesan ramping, kendaraan Batman satu ini justru tampil lebih besar dan gagah. Batmobile ini pun sampai di beri anam Tumbler.

Bak mobil tempur, Batman beraksi melawan musuhnya menggunakan Tumbler dengan roda yang amat besar itu. Gak cuma itu, Tumbler juga memiliki fitur canggih yakni menggunakan mesin jet dan lapisan baja guna melindungi diri dari lawanan musuh.

9. Batman: The Dark Knight (2008)

Batpod di film Batman: The Dark Knight (2008)

Kayaknya Tumbler cukup mencuri perhatian penonton ya. Namun sayang, Tumbler harus bernasib na’as karena dihancurkan oleh Joker di Batman Begins. Nah, di film The Dark Knight, Batman kembali tampil namun bukan dengan Batmobile. Melainkan dengan Batpod.

Motor super ini tak kalah keren dari Batmobile. Bahkan, banyak penonton mengatakan Batman jadi lebih luwes melawan musuh menggunakan Batpod. Badpot sendiri memiliki fitur yaitu sistem rudal dan peluncuran roket yang mampu melumpuhkan musuh-musuhnya.

10. Batman vs Superman: Dawn and Justice (2015)

Batmobile di film Batman vs Superman tahun 2015

Batmobile di film ini memiliki desain yang lebih besar seperti Tumbler, yakni sepanjang 6 meter. Meskipun besar, Batmobile ini bisa melaju hingga 330 kilometer per jam.

Gak cuma itu, Batmobile ini pun memiliki pelindung diri dan tak bisa tredeteksi oleh musuh. Namun sayang, mobil ini harus hancur karena terlempar saat mencoba melawan Superman.

11. The Batman (2021)

Batmobile di film The Batman 2021

Terakhir, ada Batmobile yang akan dipakai Robert Pattinson di film The Batman pada 2021 mendatang. Namun sepertinya, Batmobile di tahun 2021 ini tak seperti mobil-mobil Batman sebelumnya yang terkesan gagah.

Jika dilihat, Batmobile terbaru Batman lebih seperti mobil sport pada umumnya. Desain simple dan tak banyak asesoris. Bahkan, beberapa sumber mengatakan bahwa Batmobile yang akan dikendarai Batman di tahun depan lebih mirip mobil-mobil di Fast and Furious. Gimana menurut kamu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini