Opsi Baru Buat Pendaftaran Wamil BTS, RM Cs Bakal Berangkat Bareng-bareng?

Baca Juga

MATA INDONESIA, SEOUL – Sejak tahun lalu, kabar mengenai pembebasan BTS dari wajib militer (wamil) menjadi perbincangan publik. Namun Pemerintah Korea Selatan mengkonfirmasi bahwa BTS tidak akan dibebaskan dari wajib militer Korea.

Bukan tanpa sebab, BTS berhak mendapatkan pembebasan dalam menjalani wamil. Seperti diketahui, belum lama ini RM cs merajai tangga lagu Billboard Hot 100 di Amerika Serikat dengan lagu ‘Dynamite’ yang baru saja dirilis.

Pengecualian layanan militer biasanya diberikan kepada atlet yang memenangkan medali atau pemenang acara musik tradisional. Namun, ada kontroversi tentang keadilan sistem yang mengatakan bahwa artis musik juga harus dapat menerima pengecualian ini.

BACA JUGA: Kocak! Foto Jungkook BTS Selamatkan Wanita dari Tilangan Polisi, Auto Suruh Lanjut

Beberapa waktu lalu, ada ada RUU untuk merevisi undang-undang dinas militer diusulkan oleh Rep. Jeon Yong Ki dari oposisi utama Partai Minjoo Korea pada 3 September. RUU itu memungkinkan seniman budaya pop (idol) untuk menunda atau dibebaskan dari dinas militer.

Berdasarkan RUU yang diajukan partai politik Minjoo, BTS diharapkan dapat menunda atau bahkan dibebaskan dari pendaftaran militer dan melanjutkan aktivitas musik mereka seperti biasa. Namun, kini revisi tersebut masih membutuhkan konsultasi dengan Kementerian Pertahanan Negara (Administrasi Tenaga Militer).

Kini ada opsi baru tentang dari kalangan politik di Korea bahwa RM cs bisa mendaftar militer bersama pada 2025. Padahal seharusnya, Jin yang merupakan member tertua tertua yang lahir pada 1992, harus masuk militer pada akhir tahun depan tidak peduli apa pun yang diatur dalam undang-undang saat ini.

BACA JUGA: Hidup Terasa Berat? Dengerin Lagu BTS ’00:00 (Zero O’Clock)’ yang Menurut Psikiater Liriknya Sangat ‘Menghibur’

Tapi, karena pendaftaran anggota termuda Jungkook yang lahir tahun 1997 masih jauh, penggemar mungkin tidak akan melihat grup secara keseluruhan selama lima tahun ke depan. Oleh karena itu, pemerintah dan kalangan politik dikabarkan sedang mempertimbangkan dengan cermat tentang penundaan pendaftaran militer member BTS.

Salah satu langkah yang mungkin dilakukan adalah dengan menunda pendaftaran semua member BTS selama lima tahun agar Jin dapat bergabung dengan militer pada waktu yang sama dengan Jungkook.

Namun, pembebasan militer dipandang negatif oleh masyarakat. Pemerintah pun berusaha untuk mengambil langkah yang dapat meminimalisir masa absen BTS dengan mengajak semua member bergabung dengan militer pada waktu yang bersamaan.

Menurut rencana ini, Suga yang lahir pada 1993, RM (Rap Monster) dan J-Hope yang lahir pada 1994, serta V dan Jimin BTS yang lahir pada 1995 juga diharapkan bergabung dengan militer bersama dengan Jungkook.

Rencana ini jauh lebih berani daripada saran untuk merevisi undang-undang dinas militer tentang pendaftaran tertunda yang diusulkan oleh Rep. Jeon Yong Ki pada awal September lalu.

ARMY, menurut kalian opsi mana nih yang cocok untuk BTS?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini