Hidup Terasa Berat? Dengerin Lagu BTS ’00:00 (Zero O’Clock)’ yang Menurut Psikiater Liriknya Sangat ‘Menghibur’

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pernah mendengarkan lagu BTS yang berjudul “00:00 (Zero O’Clock)”? Apa yang Kamu rasakan? Jika Kamu merasakan kenyamanan, Kamu tidak sendiri.

Ditulis bersama oleh leader RM, lagu yang masuk dalam album ‘Map of the Soul: 7’ ini memang telah membuat banyak ARMY merasa perjuangan mereka didengar. Tapi apa yang membuatnya begitu nyaman untuk memulai?

Bersama-sama, ahli otolaringologi dokter Lee Nakjun, dokter Woo Changyun, dan psikiater Oh Jinseung membentuk saluran YouTube Doctor Friends. Dokter Woo merekomendasikan agar rekan-rekannya mendengarkan “00:00 (Zero O’Clock) karena liriknya yang “menghibur”.

Dokter Oh bereaksi terhadap lagu tersebut untuk mencari tahu apa yang membuatnya begitu berempati dan dapat diterima oleh orang-orang yang mengalami waktu yang sulit. Berikut analisis psikiater berdasarkan liriknya yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia:

“Kamu tahu hari-hari ketika kamu sedih tanpa alasan”

Dokter Oh menjelaskan bahwa baris pertama dari lagu tersebut sebenarnya cukup akurat, karena banyak orang yang mengalami depresi tanpa alasan yang jelas di balik kesedihannya.

“Sejujurnya, depresi tidak membutuhkan sebab apapun! Kamu bisa mengalami depresi tanpa alasan yang jelas,” kata Oh Jinseung, yang merupakan seorang psikiater, dikutip dari Koreaboo pada Jumat 25 September 2020.

“Tubuhmu berat”

Menurut dokter Oh, ini bukan sekadar metafora. Kelelahan adalah gejala umum depresi. Dan, meskipun dokter Woo sendiri bukan seorang psikiater, dia menjelaskan bahwa banyak pasien yang datang ke departemennya dengan keluhan kelelahan kemudian didiagnosis dengan depresi.

“Depresi menyebabkan kelelahan tubuh yang sebenarnya. Banyak pasien mengatakan mereka benar-benar merasa lelah !,” komentar dokter Woo Changyun.

“Semua orang tampaknya sangat kompetitif / Saya merasa seperti saya sudah ketinggalan”

Dokter Oh melanjutkan dengan menjelaskan bahwa banyak orang yang mengalami masa sulit cenderung membandingkan diri mereka dengan orang lain, menjatuhkan harga diri mereka.

Lebih jauh lagi, jenis pemikiran negatif ini biasanya terjadi pada malam hari ketika orang-orang berbaring di tempat tidur dan membiarkan pikiran mereka mengambil alih. Ini membuat judul lagu menjadi lebih tepat.

“”Apa yang sebenarnya saya lakukan hari ini?” (Kamu berpikir). Kamu merasa seperti menyia-nyiakan waktu, dan ini biasanya terjadi pada malam hari… sebenarnya cukup sulit untuk memiliki pikiran bahagia kecuali jika Kamu mengalami hari yang sangat baik,” jelas Oh Jinseung.

“Pikirkan apakah itu salah saya/Ini hampir 12”

Ketika pikiran malam hari yang negatif muncul, dokter Oh berkata bahwa itu dapat dengan cepat berubah menjadi menyalahkan diri sendiri. Saat jam menunjukkan tengah malam, banyak orang yang tidak bahagia mendapati diri mereka menjadi lebih tidak bahagia karena mereka percaya bahwa mereka menyia-nyiakan hari-hari mereka tanpa membuat kemajuan.

“Jika sesuatu tidak berjalan dengan baik, dan Kamu menyalahkan diri sendiri untuk ini … “Saya pikir itu mungkin salah saya?”. Dan Kamu memeriksa jam, dan sekarang sudah pukul 12? Apa yang akan Kamu pikirkan saat itu?,” kata Dr. Oh Jinseung.

“Akankah sesuatu berubah?/Itu mungkin tidak akan terjadi”

Sayangnya, dokter Oh menjelaskan bahwa ketika orang diliputi oleh pikiran sedih mereka, sangat sulit untuk tetap optimis tentang masa depan. Setelah mengalami hari yang buruk, mereka tidak memiliki harapan bahwa hari esok akan lebih baik.

Dokter Woo menambahkan bahwa narator mewakili banyak orang yang ingin menjalani hidup mereka sepenuhnya tetapi menjadi terlalu lelah untuk tetap bersikap positif. Dokter Oh setuju, mencatat bahwa saat ini banyak orang kekurangan kesempatan untuk hidup bahagia setelah pandemi COVID-19 membuat ribuan orang kehilangan pekerjaan.

“(Kamu akan berpikir), kamu putus asa!” Bagaimana jika menjadi lebih buruk? “… Bahkan jika mereka ingin bekerja dan hidup sepenuhnya, mereka tidak diberi kesempatan,” ucap Oh Jinseung.

“Hari ini berakhir ketika jarum penunjuk jam dan menit sejajar”

Setelah menyiapkan skenario “tanpa harapan” yang dapat dikaitkan dengan sebagian besar orang di masa-masa sulit, “00:00 (Zero O’Clock)” berubah menjadi positif. Dokter Woo mencatat bagaimana setiap hari yang sulit diatur ulang pada tengah malam, menawarkan “secercah harapan” untuk hari esok yang lebih baik.

Dokter Oh menjelaskan bahwa tidak ada manusia yang dapat merasakan hal yang sama selama 365 hari berturut-turut. Mereka yang menerima bahwa terkadang waktu akan menjadi sulit memiliki waktu yang lebih sehat untuk memproses peristiwa yang mengecewakan.

Dan, salah satu cara terbaik untuk melepaskan diri dari kekecewaan itu adalah dengan mengingat kembali apa yang terjadi di penghujung hari. “Jadi, mengingat statusmu saat ini sebenarnya cara sehat untuk menjalani hari yang berat. Daripada melewati hari tanpa tahu kenapa, lebih baik dipikir-pikir lagi,” imbuh Oh Jinseung.

Secara keseluruhan, Dokter Oh memuji RM karena menulis “perasaannya yang sebenarnya ke dalam lirik ini”. Dokter Woo kemudian menjelaskan bahwa “00:00 (Zero O’Clock)” menghadirkan emosi yang dapat dihubungkan dengan semua orang, dari BTS hingga penggemar mereka, dan menawarkan metode untuk menjadi lebih penuh harapan di masa depan.

Dengan pemikiran tersebut, tidak heran jika ini adalah lagu yang menghibur yang bahkan dapat direkomendasikan oleh psikiater.

“Jadi, saat kamu berbaring jam 12 malam, pikiran-pikiran bencana itu terus muncul! Beberapa orang bahkan tidak bisa tidur karena itu! Di saat-saat itu, seperti lirik lagu, aku juga tidak memikirkannya. jauh di depan. Cuma, besok! Dan hari ini! Dan sejak jam 12 lewat lewat jam, ayo kita mulai hari baru kita !,” kata Oh Jinseung melengkapi penjelasannya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini