(Foto: OfficeMate)

MATA INDONESIA – Memasuki era new normal di tengah pandemi Corona, face shield menjadi salah barang yang paling dicari selain masker. Jika sebelumnya face shield menjadi benda asing, kini banyak warga mulai menggunakannya dalam keseharian.

Hal ini tentu saja demi mencegah penularan Corona. Namun sebenarnya penggunaan face shield tersebut efektif gak sih dalam mencegah penularan Corona? Menjawab pertanyaan itu, simak yuk segala ulasan tentang face shield berikut ini.

1. Membantu Mencegah Penularan Corona

Menurut mantan Ketua Umum PB IDI dr Zaenal Abidin, face shield bisa membantu mencegah penularan virus Corona. Setidaknya untuk menahan cipratan droplet ke wajah dan mata.

Namun sebaiknya, face shield digunakan oleh orang yang memiliki risiko tinggi tertular saja. Misalnya saja, orang yang sedang naik kendaraan umum atau berjalan di tempat ramai.

2. Dibarengi Penggunaan Masker

Dilansir dari Health.com, face shield tidak efektif menahan virus jika tidak dibarengi dengan penggunaan masker. Jadi, tetap gunakan masker saat memakai face shield ya. Di samping itu, tetap jalankan protokol kesehatan yang lain juga seperti menjaga jarak dan mencuci tangan.

3. Begini Cara Gunakan Face Shield

Face shield sebaiknya digunakan sebelum keluar rumah. Dan selama berada di luar rumah usahakan jangan melepas face shield. Jangan pula menyentuhnya jika tidak dalam kondisi terpaksa. Setelah sampai tujuan, lepas face shield dan bersihkan dengan cara yang tepat.

4. Cara Bersihkan Face Shield

Face shield dibuat dengan material yang cukup kuat sehingga mudah dibersihkan dan bisa dipakai berkali-kali. Setelah digunakan face shield sebaiknya langsung dibersihkan. Jangan pula menaruhnya sembarangan karena bisa jadi media penyebaran virus.

Bersihkan dengan air mengalir dan sabun. Jika tidak ada, bisa gunakan 70 persen isopropil alkohol sebagai disinfektan. Jika menggunakan sabun, bersihkan dalam durasi lebih dari 20 detik. Sementara jika menggunakan alkohol, bersihkan selama 30 detik sampai 4 menit lalu dilap sampai kering.

5. Jenis-jenis Face Shield yang Dianjurkan

Sebaiknya pilih face shield berbahan plastik agar mudah dalam membersihkannya. Jika ada bagian sponsnya, cuci dengan air dan sabun. Lalu kalau face shield tergabung dengan topi, sebaiknya cuci tangan dulu sebelum membersihkan area plastiknya. Lalu yang paling baik adalah mencuci seluruh bagiannya, baik area plastik maupun topinya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here