Ilustrasi Dukun

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ustaz Gus Idris Al Marbawi yang dikenal lewat channel Youtube-nya, Gus Idris Official kembali menghebohkan netizen dengan tayangan video terbarunya.

Dalam video tersebut, tampak Gus Idris melakukan “penggerebekan” ke seorang dukun yang membuka praktik penjualan tuyul di daerah Malang, Jawa Timur.

Saat penggerebekan, dukun bernama Mbah Joyo itu baru saja melayani jasa ke pelanggan. Tempat praktiknya berupa sebuah ruangan yang di dalamnya ada sebuah meja dipenuhi sesajen dan peralatan ritual.

Ada taburan bunga, kendi, keris, hingga sebotol kecil minyak wangi. Ada pula 2 patung anak-anak dalam posisi merangkak serta piring berisi darah.

“Ini untuk mengasih makan,” kata Mbah Joyo dalam video itu, dikutip Jumat, 26 Juni 2020.

Darah itu diambil dari keluarga pemilik tuyul yang dikorbankan sebagai tumbal. Kepada Gus Idris, Mbah Joyo mengaku dirinya menjual tuyul dengan beragam harga. Namun rata-rata Rp 10 juta per satu tuyul.

Dalam video itu, Mbah Joyo juga sempat membeberkan kepada Gus Idris ciri-ciri pemilik tuyul. Ia mengatakan, pemilik tuyul selalu meletakkan tangannya di belakang punggung.

“Gelagatnya gini, tangannya dibondo di belakang, digendong,” kata Mbah Joyo.

Ciri-ciri lainnya juga bisa tampak dari rumah. Pintu rumah pemilik tuyul biasanya selalu tertutup.

“Rumahnya tertutup, gelap,” ujarnya.

Selan itu, pemilik tuyul biasanya punya ruangan khusus untuk ritual yang tak boleh dimasuki orang lain.

Di akhir penggerebekan, Gus Idris mengajak Mbah Joyo untuk bertaubat. Namun dukun itu menolak.

Sampai akhirnya, keduanya adu kesaktian dan dimenangkan oleh Gus Idris. Mbah Joyo pun akhirnya mau bertaubat. Dibimbing Gus Idris, Mbah Joyo kembali melafalkan syahadat dan berjanji akan menghentikan praktik ilmu hitamnya.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here