Viral! Dinda Safay Bikin Tips Anti-Coronavirus, Ngaco dan Berbahaya!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Video TikTok tips anti corona ala beauty vlogger Dinda Safay baru-baru ini menuai perhatian netizen. Banyak yang bilang bahwa tips yang diberikan Dinda Safay ngaco dan tidak aman.

Dalam video TikTok berjudul “Anti-Coronavirus”, ia menunjukkan caranya mencampurkan 1 botol air mineral kemasan dalam cairan antiseptik. Nantinya, cairan itu dijadikan humidifier.

Hal ini lantas menuai komentar dari dr Rahmat Arif melalui akun Instagram @ayieb pada hari Selasa 14 April 2020. Dokter itu menjelaskan bahaya dari tips yang diberikan oleh Dinda Safay.

“Gue lihat salah satu influencer di Tik Tok, doi memasukkan Dett*l, di dalem situ ada kandungan Chloroxylenol, untuk disinfektan dan penggunaan luar aja tidak sampai dalam. Bahkan di websitenya itu untuk pemakaian luar aja, dan lu nyaranin orang disuruh pakai diffuser dan jadi uap kehirup sama orang dan bisa keracunan,” ungkap dr Rahmat Arief.

BACA JUGA: Geger! Puluhan Warga Tewas Minum Disinfektan, Ini Faktanya

Dokter ganteng itu pun meminta kepada Dinda Safay untuk menghapus videonya tersebut di aplikasi Tik Tok.

“Jadi untuk lu ya neng yang punya followers banyak, influence orang secara baik, kasih informasi orang secara benar, jangan sesat. Tolong take down video lo hapus video lo,” ujarnya.

Sementara itu, dilansir dari drugs.com, kandungan chloroxylenol adalah bahan kimia yang biasanya pada sabun untuk mencuci tangan dan mencuci piring. Sama seperti yang dikatakan dokter Rahman Arif, kandungan tersebut hanya untuk penggunaan luar saja.

BACA JUGA: Viral! Takut Corona, Ibu Ini Terus-terusan Semprot Anak Pakai Disinfektan

Dan, kalau sampai masuk ke dalam tubuh bisa mengganggu kesehatan lho! Diantaranya sebagai berikut:

– Gangguan irama jantung
– Akumulasi cairan di jaringan kelopak mata
– Penurunan fungsi paru
– Kantuk
– Sakit kepala
– Tekanan darah rendah
– Kegagalan paru-paru menyebabkan kehilangan napas
– Methemoglobinemia, suatu jenis gangguan darah
– Tremor otot
– Kejang
– Detak jantung lambat
– Ketidaksadaran (pingsan).

So, jangan coba-coba menggunakan cairan antiseptik sebagai cairan air humidifier ya! Untuk mencegah corona, lebih baik gunakan masker, lakukan psychical distancing, dan rajin cuci tangan ya…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini