Cek Fakta: Foto Viral yang Diklaim Makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi Arab Saudi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sebuah foto makam mendadak viral dan sukses menyedot perhatian netizen di berbagai platform media sosial. Foto tersebut diklaim sebagai foto makam Nabi Muhammad yang berada di Masjid Nabawi, di Kota Madinah, Arab Saudi.

Foto tersebut beredar di Facebook, Instagram, dan platform lainnya sejak 22 Juni 2018 hingga sekarang. Bahkan sudah dibagikan lebih dari 110 ribu kali di Facebook.

Minews.id pun mencoba menelusuri kebenaran foto tersebut. Setelah dicek menggunakan fitur periksafakta.afp.com, ternyata foto tersebut bukanlah foto makam Nabi Muhammad SAW di Madinah.

Foto tersebut merupakan foto makam seorang sahabat Nabi di Kota Diyarbakir, Turki. Foto itu bahkan pernah muncul di sejumlah website syiar Islam dan media lokal Turki.

Salah satunya, dalam sebuah artikel di website Turki, Evliyalar.net pada 25 September 2014.

Nah, jadi kesimpulannya postingan foto viral tersebut adalah hoaks. Lebih hati-hati dan bijak dalam menerima informasi dari media sosial ya gaes. Jangan sampai termakan berita hoaks!

1 KOMENTAR

  1. Umat islam itu harus tau sejarah syariat islam itu sendiri…
    Jelas” dalam suatu riwayat shohih Rasulullah sendiri yg melarang kuburan dittinggikan ,atau dibangun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Ciptakan Pilkada Damai Tanpa Hoaks dan Ujaran Kebencian

Menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) damai tanpa hoaks dan ujaran kebencian adalah sebuah panggilan moral dan tanggung jawab kolektif yang harus...
- Advertisement -

Baca berita yang ini