sunah

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada beberapa sunah saat puasa di bulan Ramadan yang dicontohkan Rasullullah SAW. Apa saja?

Sunah-sunah saat puasa di bulan Ramadan ini bila dikerjakan akan menambah pahala bagi yang menjalankannya. Tak hanya itu, sunah-sunah saat puasa di bulan Ramadan tersebut sayang jika dilewatkan, mengingat bulan suci ini hanya datang satu kali dalam setahun.

Sunah saat puasa di bulan Ramadan bisa diartikan sebagai kebiasaan Rasullullah atau sahabat nabi dalam menjalankan puasa di bulan Ramadan. Banyak sekali sunah puasa Ramadan yang bisa dilakukan untuk menambah pahala.

Berikut beberapa sunah saat puasa di bulan Ramadan:

1. Menyegerakan berbuka puasa

Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada orang yang sedang berpuasa agar menyegerakan berbuka ketika waktu Maghrib telah tiba. Disunahkan kepada orang yang sedang berpuasa untuk mendahulukan berbuka puasa daripada menjalankan ibadah lainnya. Kemudian, membaca doa berbuka puasa.

2. Makan sahur

Makan sahur adalah salah satu sunah puasa Ramadan yang sangat bermanfaat jika dilaksanakan. Selain bisa memberikan energi untuk menjalankan puasa sepanjang hari, sahur juga bisa mendatangkan pahala bagi yang melaksanakannya.

3. Memberi makan orang yang berpuasa

Dari Zaid bin Kholid Al Juhani, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (Hadis riwayat Tirmidzi nomor 807, Ibnu Majah nomor 1746, dan Ahmad).

4. Banyak beribadah dan berderma

Sunah puasa Ramadan berikutnya adalah memperbanyak ibadah dan juga berderma. Beribadah bisa kamu lakukan dengan banyak berzikir di masjid, melakukan ibadah salat sunah, berbuat baik, dan lain sebagainya. Kemudian Rasullullah juga menganjurkan untuk banyak melakukan sedekah atau berderma kepada orang yang membutuhkan.

5. Menjaga tutur kata dan anggota tubuh

Sunah puasa adalah semua perbuatan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Saat puasa kita juga harus meninggalkan semua perbuatan dan perkataan kotor yang akan membawa kepada kefasikan dan kejahatan.

6. Berbuka dengan makan buah kurma atau minum air putih

Berbuka puasa diawali dengan memakan buah kurma, dan apabila tidak menemukan buah kurma atau tidak memilikinya, maka dianjurkan untuk meminum air putih terlebih dahulu sebelum makan dan minum yang lainnya.

Reporter: Mala Komala

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here