Ini 3 Menu Buka Puasa yang Disunahkan

Baca Juga

MINEWS, JAKARTA – Berbuka puasa adalah waktu yang paling dinantikan saat Ramadan. Terlebih jika menu buka puasanya enak-enak ya gaes.

Eits, tapi jangan sampai kalap lho. Tetap harus perhatikan apakah menu buka puasa yang akan dikonsumsi sehat atau tidak untuk tubuhmu. Dan yang terpenting juga, jangan makan dengan porsi berlebihan saat berbuka.

Alangkah baiknya sih berbuka dengan menu-menu yang disunahkan. Karena selain sehat, tentunya juga berpahal. Lantas apa saja sih menu-menu buka puasa yang disunahkan sesuai kebiasaan Rasulullah SAW? Berikut ulasannya.

Rasulullah SAW selalu mengutamakan beberapa menu dalam setiap buka puasa beliau. Ada 3 menu utama, yakni kurma muda (ruthob), kurma masak (tamr), dan air putih.

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada ruthob (kurma basah), maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.”

(HR. Abu Daud dan Ahmad. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih).

Ketiga menu yang disunahkan di atas tentunya baik dikonsumsi di waktu berbuka karena mampu mencukupi nutrisi tubuh dan mengembalikan vitalitas tubuh seusai berpuasa seharian.

Berita Terbaru

Upaya Berantas Paham Radikalisme dan Terorisme, Aparat Keamanan Berhasil Tangkap 7 Teroris di Sulteng

Aparat keamanan Republik Indonesia (RI) terus berupaya untuk memberantas penyebaran paham radikalisme dan terorisme di Tanah Air. Upaya tersebut...
- Advertisement -

Baca berita yang ini