Catat! 5 Manfaat Minum Susu saat Sahur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Minum susu saat sahur ternyata punya banyak manfaat. Pasalnya, dalam segelas susu terdapat beragam vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Saat sahur konsumsi makanan yang kaya serat dan bernutrisi sangatlah dibutuhkan tubuh. Tujuannya agar kuat berpuasa seharian selama Ramadan. Selain konsumsi sayur dan buah, nyatanya asupan susu juga dibutuhkan tubuh.

“Mengonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama karena kandungan protein,” kata Rachmad Wishnu Hidayat, dokter spesialis kedokteran olahraga

Di dalam segelas susu 250 mililiter, terdapat kandungan kalsium sekitar 300 miligram.
Sebagai catatan, orang dewasa memerlukan asupan kalsium sebanyak 1.100 miligram per hari, sementara anak-anak sekitar 1.000-1.200 miligram.

Jika seluruh nutrisi dari makanan sudah dipenuhi, barulah kita melengkapi sahur dengan segelas susu. Yuk simak manfaat susu yang bisa membantu melancarkan puasa.

1. Sumber energi
Susu adalah sumber energi. Selain mengandung protein, terdapat juga kandungan karbohidrat dan lemak.

2. Memperbaiki tidur
Susu adalah sumber kolin yang baik. Perlu diketahui, kolin memiliki manfaat untuk mendukung proses tidur. Karena itu secangkir susu dapat membuat tubuh lebih relaks, lebih cepat mengantuk dan tertidur.

3. Meningkatkan kekebalan
Selenium pada susu memiliki peran dalam sistem daya tahan tubuh, pembentukan dan perbaikan DNA, sekaligus sebagai antioksidan.

4. Sumber vitamin dan mineral
Banyak vitamin dan mineral terkandung dalam segelas susu. Mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B12, C, hingga vitamin D, E, dan vitamin K.

Susu juga mengandung mineral yang berguna dalam membentuk enzim, menjaga kesehatan tulang, menyeimbangkan cairan tubuh, dan memperlancar aliran oksigen di tubuh.

5. Membantu penyembuhan
Asam amino di dalam susu berfungsi membantu pertumbuhan sel dan jaringan tubuh.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Wabup Sleman : Ini Komitmen Kita Untuk Membersamai Seluruh Umat Beragama

Mata Indonesia, Sleman - Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menghadiri kegiatan Doa Syukur Umat Hindu dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-108 Kabupaten Sleman yang bertempat di Pura Widya Dharma, Dero, Wedomartani, Ngemplak pada Minggu (12/5).
- Advertisement -

Baca berita yang ini