Wajib Tahu! Ini Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sudah bukan rahasia lagi susu merupakan minuman yang lezat dan kaya nutrisi. Gak cuma menyehatkan, susu juga sering kali jadi bahan tambahan pada makanan atau minuman lainnya.

Kebiasaan meminum susu sudah menjadi bagian dari pola konsumsi manusia sejak ribuan tahun silam. Pada umumnya susu diminum saat pagi hari karena kandungan nutrisi tersebut sudah dapat memenuhi kebutuhan aktivitas harian.

Tapi, tahukah kamu susu juga baik diminum saat malam hari sebelum tidur?

Dikutip dari Hello Sehat, susu mengandung berbagai nutrisi esensial bagi tubuh manusia. Susu mengandung protein dengan sembilan asam amino esensial serta mineral seperti fosfor, iodin, kalsium, potassium dan kalsium.

Susu juga kaya akan vitamin A, B2, B12 dan D yang sangat diperlukan oleh mata, kulit, sistem imun serta penyerapan kalsium tulang. Selain itu, kandungan enzim niacin pada susu juga berguna dalam metabolisme glukosa dan lemak.

Lalu, apa manfaatnya minum susu sebelum tidur?

Minum susu di malam hari bisa bikin tidurmu lebih nyenyak. Salah satu asam amino dari susu, yaitu triptofan, dapat menenangkan sel saraf untuk membantu relaksasi tubuh dan otak sehingga dapat membantu lebih mudah terlelap tidur. Triptofan dapat membantu meringankan gejala insomnia, meski hanya dalam jumlah sedikit.

Gak cuma itu, minum susu sebelum tidur juga membantumu tetap berenergi saat bangun di pagi hari. Plus, Minum susu sebelum tidur akan membantu usus lebih aktif di malam hari sehingga baik dalam memperbaiki saluran cerna.

Namun, perlu kamu ingat juga bahwa minum susu berlebihan sebelum tidur bisa menaikkan berat badanmu loh. Ini karena susu mengandung gula laktosa yang akan diproses sama persis seperti gula lainnya saat diserap oleh tubuh.

Efek kenaikan berat badan berlebih mungkin terjadi terutama jika susu dikonsumsi dalam jumlah banyak atau terlalu berdekatan dengan waktu tidur. Jadi, tetap perhatikan asupan susumu di malam hari dan tetap konsumsi dengan bijak ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini