Begini Cara Rasulullah SAW saat Berbuka Puasa

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di bulan Ramadan ini, seluruh umat Islam dunia diwajibkan melakukan puasa sebagaimana Rasulullah SAW lakukan.

Selain menahan makan dan minum, di bulan Ramadan Allah melimpahkan segala pintu taubat dan pahala kepada seluruh umat Islam.

Artinya, Allah mengagungkan bulan Ramadan dibandingkan bulan yang lain. Maka, seluruh umat Islam berlomba-lomba meraih pahala.

Salah satu ajaran Rasul saat bulan Ramadan adalah terkait tata cara berbuka puasa. Beberapa cara tersebut memiliki makna tersendiri bagi umat muslim yang melakukannya.

1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Salah satu sunnah Rasulullah SAW yaitu menyegerakan berbuka puasa setelah mendengar suara azan Maghrib. Doa buka puasa pertama adalah dari hadis Rasulullah yang diriwiyatkan dari Abu Dawud.

Bunyi doanya seperti ini:

Dzahaba ddhoma’u wabtallatil uruqu watsabbatil ajru insya Allah

Artinya: Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insya Allah pahala sudah tetap.

2. Mengonsumsi Kurma dan Air Putih saat Berbuka

Rasulullah SAW berbuka puasa dengan kurma atau air, karena mengandung hikmah yang sangat mendalam. Seseorang berpuasa lambungnya kosong dari makanan apa pun. Sehingga tidak ada yang sesuai dengan liver (hati) yang dapat disuplai langsung ke suluruh tubuh menjadi energi, selain kurma dan air.

“Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan kurma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan kurma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.”

3. Berdoa Setelah Berbuka Puasa

Setelah berbuka puasa, Rasulullah SAW terbiasa berdoa sambil mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT. Doa yang dipanjatkan Rasulullah setelah berbuka sebagai berikut :

“Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Sebab dan kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah. Dan insyaallah pahala sudah tetap.”

4. Jangan lupa kewajiban salat Maghrib.

Setelah selesai berbuka, dianjurkan untuk segera melaksanakan salat Magrib sehingga berkah yang didapat saat bulan ramadan lebih melimpah.

Reporter: Mala Komala

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini