Waspada, 4 Hewan Ini Bisa Muncul Saat Banjir!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ketika banjir yang melanda suatu wilayah mulai surut, akan menyisakan lumpur, sampah serta barang-barang yang berserakan. Selain itu, berbagai macam hewan berbahaya yang terbawa air bah tidak jarang akan Kamu ketemui.

Hal itu tentu saja sangat mengkhawatirkan karen bisa mengancam keamanan serta keselamatan warga. Dilansir dari berbagai sumber, berikut hewan-hewan berbahaya yang dapat muncul saat banjir.

1. Ular
Selain ikan, hewan berbahaya seperti ular juga bisa muncul ketika banjir datang. Hewan ini belum tentu berasal dari hutan, bisa juga merupakan peliharaan yang lepas terseret banjir sehingga bisa berkeliaran di pemukiman warga.

Umumnya, ular yang sering ditemukan karena terseret banjir adalah dari jenis sanca hingga kobra dengan bisa berbahaya karena racun yang dikeluarkannya.

2. Kalajengking
Kalajengking termasuk hewan yang dapat muncul saat banjir tiba. Hewan ini muncul karena habitat aslinya rusak oleh hujan yang deras. Dengan begitu, kalajengking muncul untuk mencari rumah baru.

Hewan ini juga senang masuk ke pemukiman warga. Jika dibiarkan dapat mengancam keselamatan warga yang sedang tekena musibah banjir.

Ancaman hewan ini berasal dari gigitannya. Jika seseorang sampai tergigit maka akan mengalami gangguan kesehatan seperti sesak napas, mual, muntah, hingga berujung kematian, akibat dari racun yang dimilikinya.

3. Buaya
Hewan penguasa sungai yang satu ini paling mengancam warga ketika banjir tiba. Binatang ini bisa terbawa banjir jika arus yang dihasilkan terlalu deras.

Sudah beberapa kali terjadi buaya berkeliaran di sekitar rumah warga, seperti pernah terjadi di Jember, Jawa Timur pada Februari 2019.

Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah III melaporkan bahwa saat itu mereka telah mengamankan dua ekor buaya muara yang muncul saat terjadinya banjir. Buaya yang ditemukan memiliki ukuran berbeda yaitu satu berukuran kecil, kemungkinan masih berusia tiga bulan sedangkan buaya satunya memiliki ukuran yang besar sekitar 1,5 meter, diperkirakan berusia tiga sampai empat tahun.

4. Ikan Hiu
Kemunculan ikan pada saat banjir mungkin sudah biasa, namun bagaimana dengan ikan hiu? Itulah yang terjadi di kelurahan Hinekombe Distrik Sentani Jayapura, warga dibuat geger akibat kemunculan hewan buas ini yang ditemukan 2 hari pasca banjir saat membersihkan rumah, namun hewan yang hidup di laut lepas ini di temukan sudah mati.

Bagi Kamu yang bertempat tinggal di sekitar sungai ataupun laut perlu waspada terhadap hewan-hewan tersebut ketika banjir besar melanda. Kamu bisa melakukan berbagai pencegahan seperti menutup lubang yang dapat menjadi akses keluar masuknya hewan. Karena kita tidak pernah tahu kapan banjir akan datang dan membawa hewan-hewan yang dapat mengancam keselamatan kita.(Dhelana Unggul Parastri)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini