Atasi Banjir Gubernur Anies Pilih Keringkan 36 Waduk di Jakarta

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mengantisipasi banjir awal tahun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeringkan 36 waduk yang ada di Jakarta. Apalagi sekarang intensitas hujan di ibu kota mulai meningkat.

Dia memprediksi pengeringan tersebut bisa membuat waduk-waduk itu bisa menahan air dari Kawasan Puncak Bogor saat puncak musim hujan.

Dari 36 itulah air kiriman secara bertahap akan dialirkan ke sungai-sungai yang ada. Selain waduk-waduk itu, lajur air dari kawasan hulu dihadang dua waduk di daerah Bogor yaitu Waduk Ciawi dan Sukamahi yang masing-masing bisa menampung 6,45 juta meter kubik dan 1,68 juta meter kubik.

Namun, Jakarta disebut idealnya memiliki 118 waduk untuk mengantisipasi banjir dari luapan sungai. Tak hanya waduk, penataan sungai yakni normalisasi ataupun naturalisasi juga harus dilanjutkan.

Sementara dua waduk yang dibangun di Bogor tersebut diperkirakan hanya akan mengurangi tetapi tidak bisa mengatasi banjir 100 persen.

Presiden Jokowi pernah mengatakan bendungan Sukamahi saja sanggup mengurangi banjir Jakarta hingga 30 persen.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pelantikan dan Pengukuhan 27 Pejabat Tinggi Pratama Lingkup Pemprov NTT

Mata Indonesia, Kupang - Sebanyak 27 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Provinsi NTT dilantik dan dikukuhkan oleh Penjabat...
- Advertisement -

Baca berita yang ini