Situasi Tak Kondusif, Kolombia Batal Jadi Tuan Rumah Copa America

Baca Juga

MATA INDONESIA, BOGOTA – Kolombia batal menjadi tuan rumah Copa America 2021 karena situasi di negara tersebut tidak kondusif. Artinya, Argentina menjadi tuan rumah tunggal.

Keputusan mencabut hak tuan rumah Kolombia di Copa America 2021 diumumkan Federasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL). Padahal, Kolombia mendapat jatah menggelar partai final.

CONMEBOL mencabut hak Kolombia sebagai tuan rumah karena adanya demontrasi besar-besaran yang terjadi sejak April tanpa jeda selama tiga pekan terakhir. Mereka memprotes reformasi pajak dan perawatan kesehatan yang diumumkan Presiden Ivan Duque.

Demontrasi digelar di tiga kota yang kebetulan merupakan tiga venue digelarnya Copa America 2021, yakni Bogota, Medelin, dan Cali. Kolombia meminta CONMEBOL memundurkan Copa America, tapi mendapat penolakan.

“Terkait permintaan pemerintah Kolombia menjadwal ulang Copa America ke November, berikut pernyataan CONMEBOL. Karena alasan yang berkaitan dengan kalender kompetisi internasional dan logistik turnamen, mustahil memindahkan Copa America 2021 ke November,” bunyi pernyataan CONMEBOL, dikutip dari Goal, Sabtu 22 Mei 2021.

“CONMEBOL berterima kasih atas antusiasme dan komitmen yang ditunjukkan Presiden Kolombia, Ivan Duque dan para pembantunya, serta oleh presiden Federasi Sepak Bola Kolombia, Ramon Jesurun, dan timnya,” lanjut pernyataan CONMBEOL.

“Kami yakin di masa depan akan ada proyek-proyek baru yang akan muncul demi pertumbuhan sepakbola Kolombia dan Amerika Latin.”

Copa America 2021 tetap digelar pada 13 Juni hingga 10 Juli. Sejatinya, Kolombia mendapat jatah menjadi tuan rumah Grup A yang berisikan Brasil, Ekuador, Peru, dan Venezuela. CONMEBOL rencananya akan memindahkan laga Grup A ke Paraguay dan Ekuador.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini