Potensi Besar, Badan Geologi Terus Gali Isi Bumi Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia masih menyimpan banyak cadangan kekayaan alamnya di perut bumi. Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus melakukan inventarisasi dan eksplorasi potensi sumber daya alam.

Sumber daya yang telah dan sedang diinventarisir dan dieksplorasi oleh Badan Geologi diantaranya minyak dan gas bumi (migas), mineral dan batubara (minerba), panas bumi, hingga logam tanah jarang (rare earth element/REE).

“Beberapa sumber daya yang sekarang diinventarisasi atau dieksplorasi, pertama yang tidak terbarukan, atau energi fosil. Ini ada di PSG (Pusat Survei Geologi) yang melakukan inventarisasi atau survei-survei terkait dengan potensi migas yang ada di Indonesia,” ujar Kepala Badan Geologi Eko Budi Lelono dalam webinar, Minggu 28 Februari 2021.

Survei dilakukan di area terbuka yang belum ada Wilayah Kerja (WK)-nya. ”Hasil survei ini berupa rekomendasi nanti kami sampaikan kepada Direktorat Jenderal Migas untuk ditawarkan sebagai WK kepada para investor,” ungkapnya.

Tidak hanya sumber daya migas, Badan Geologi juga melakukan eksplorasi terhadap potensi batu bara. Nantinya juga akan melakukan karakterisasi jenis batu bara sehingga pemanfaatan batu bara bisa beragam, sejalan dengan upaya pemanfaatan energi ramah lingkungan. Begitupun dengan potensi mineral yang ada di dalam bumi Indonesia. Rekomendasi terkait potensi minerba akan disampaikan ke Ditjen Minerba.

Yang terbaru, Badan Geologi juga melakukan eksplorasi Geologi, Geofisikia, dan Geokimia (3G) terhadap potensi panas bumi. Sebagaimana diketahui, potensi panas bumi Indonesia adalah yang terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini