Penularan Covid19 Bisa Lewat Udara, Ini Cara Gampang Mencegahnya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Organisasi kesehatan dunia atau WHO mencurigai virus corona penyebab Covid19 bisa menular melalui mikro droplet yang bertahan di udara. Pencegahan termudahnya adalah dengan membuat udara mengalir dengan relatif kencang di dalam ruangan.

“Virus ini memang berpeluang dari awal terjadi secara aerosol, seperti diketahui, tidak hanya makro droplet yang terjadi saat kita batuk misalnya, bersin, juga muncul mikro droplet yang berpeluang terjadi melalui aerosol. Jadi bukan hal baru dan mestinya tidak membuat kita semakin panik,” kata Anggota Tim Pakar Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid19 I Gusti Ngurah Kadek Mahardika, Jumat 10 Juli 2020.

Salah satu upaya pencegahan yang paling murah, menurutnya dengan menyediakan ventilasi alami, serta membuka jendela dan pintu ruangan beberapa waktu sekali sehingga jika ada virus di dalam ruangan itu bisa terbawa udara.

Menurut Ngurah Kadek Mahardika penyebaran virus melalui udara sangat beroptensi terjadi di ruangan tertutup.

Ia juga mengatakan penyebaran virus corona lewat udara bukan merupakan hal baru. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena SARS-CoV-2 merupakan virus pernafasan.

Sementara itu, anggota Tim Pakar Medis lainnya, Budiman Bela, mengatakan meskipun ada peluang penyebaran di tempat tertutup, namun jika tetap menjaga jarak dan menggunakan masker, maka kemungkinan untuk menular itu menjadi jauh lebih kecil.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Perjuangkan Kesejahteraan Buruh dan Petani, Dani Eko Wiyono Siap Maju Calon Bupati Sleman Melalui Jalur Independen

Mata Indonesia, Sleman - Alumni aktivis 98 sekaligus aktivis yang selalu menyuarakan aspirasi buruh/pekerja Daerah Istimewa Yogyakarta, Dani Eko Wiyono ST. MT ini bertekad maju bakal calon bupati Sleman dalam Pilkada Sleman nanti. Dani menilai, hingga saat ini, mayoritas kehidupan buruh masih sangat jauh dari kata sejahtera. Buruh masih dianggap hanya sebagai tulang punggung ekonomi bangsa tanpa diperjuangkan nasib hidupnya.
- Advertisement -

Baca berita yang ini