Mahfud: Calon Kapolri Sudah Diserahkan Ke Presiden, Semuanya Bintang Tiga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Mahfud MD sebagai Ketua Kompolnas menegaskan sudah menyerahkan nama-nama calon Kapolri kepada Presiden Jokowi. Semuanya jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal.

Hal itu dibenarkan Mahfud melalui akun media sosialnya, Jumat 8 Januari 2021 dan menegaskan tidak ada calon Kapolri yang masih jenderal bintang tiga.

“Mengonfirmasi berbagai berita: benar penjelasan Pak Benny Mamoto dan Pak Wahyudanto dari Kompolnas bhw selaku Ketua Kompolnas saya sdh menyerahkan nama2 calon Kapolri utk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR,” kata Mahfud.

Menko Polhukam itu menyatakan setelah Jokowi memilih, maka nama-nama tersebut akan diserahkan ke DPR untuk mendapat pertimbangan melalui proses uji kepatutan dan kelayakan.

Presiden mungkin akan menyerahkan nama-nama yang sudah dipilihnya pada Senin 11 Januari 2021.

Jabatan Kapolri Jenderal Idham Aziz berakhir karena pensiun pada 25 Januari 2021. Sejumlah nama jenderal digadang-gadang bakal jadi pengganti.

Jenderal polisi bintang tiga yang disebut-sebut dicalonkan sebagai Kapolri antara lain Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dan Kabaintelkam Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel.

Sedangkan mereka yang bertugas di luar institusi Polri antara lain Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar dan Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Bambang Sunarwibowo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini