Soal Kapolri, Mahfud MD: Nama yang Beredar Masih Spekulasi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA-Menko Polhukam Mahfud MD angkat bicara terkait nama-nama calon kapolri yang beredar untuk mengantikan Jenderal Idham Azis. Dirinya memastikan seluruh nama yang beredar saat ini hanya spekulasi.

“Sebagai ketua Kompolnas saya pastikan bahwa semua nama yang beredar itu masih spekulasi, lempar-lempar bola,” kata Mahfud, Kamis 7 Januari 2021.

Dia menjelaskan final keputusan nama calon Kapolri akan diputuskan oleh Kompolnas kemudian diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kemudian Jokowi akan meminta pertimbangan DPR.

“Dari Presiden ke DPR mungkin, Senin 11 Januari 2021sudah diserahkan. Tapi dari Kompolnas atau ke Kompolnas kan kapan-kapan, bisa besok, bisa tanggal 10 Januari atau 11 Januari pagi,” ujarnya.

Diketahui jabatan Kapolri Jenderal Idham Aziz akan berakhir karena pensiun pada 25 Januari 2021. Sejumlah nama jenderal digadang-gadang bakal jadi pengganti. Spekulasi pengganti kepala kepolisian pun mengerucut ke sejumlah Pejabat Tinggi (Pati), khususnya ke nama berpangkat Komjen.

Jenderal polisi bintang tiga saat ini tercatat berada dalam struktur internal dan luar Polri. Di internal Polri ada Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto dan Kabaintelkam Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel.

Sementara Komjen yang bertugas di luar struktur Polri di antaranya Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar dan Sekretaris Utama Badan Intelijen Negara (BIN) Komjen Bambang Sunarwibowo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini