Kim Jong-un Dikabarkan Mulai Limpahkan Kekuasaan ke Adiknya

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mulai memberi kekuasaan besar kepada adik perempuannya Kim Yo-jong dengan bertanggung jawab atas Departemen Organisasi dan Bimbingan (OGD) Partai Buruh (WPK).

Itu adalah badan partai yang menangani indoktrinasi ideologis, organisasi partai dan pengangkatan politik.

Hal tersebut Menurut Menteri Pertahanan Korea Selatan dipercaya sejumlah pejabat di Seoul.

Para ahli mengatakan OGD juga bertanggung jawab untuk memantau sekitar 3 juta anggota WPK untuk memastikan mereka cukup setia kepada Kim Jong Un dan menghormati ajaran rezim Korea Utara.

Kim Yo Jong telah bertahun-tahun menjadi ajudan dan kepercayaan saudara lelakinya itu. Lalu menjadi salah satu propagandis top Korea Utara dan sekarang menjadi pengganti Politbiro – badan senior partai yang berkuasa di Korea Utara.

Korea Utara dan Partai Buruh yang berkuasa juga dikenal sering tidak mengumumkan perubahan kepemimpinan secara terbuka.

Meski begitu, para pejabat di Kementerian Pertahanan Korea Selatan sangat yakin Yo-jong sekarang telah memiliki peran penting dalam membentuk kebijakan terhadap Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Minggu lalu, seperti dilansir cnn, Badan Intelijen Nasional (NIS) Korea Selatan mengungkapkan Kim Jong Un telah memutuskan untuk mendelegasikan lebih banyak kekuasaannya kepada pejabat senior di sekitarnya, termasuk Kim Yo Jong, untuk meringankan beban kerjanya.

Pembicaraan tentang meningkatnya peran Kim Yo Jong dalam politik Korea Utara sebelumnya telah memicu spekulasi tentang kesehatan kakaknya. Kim Jong Un secara historis memiliki jadwal yang melelahkan yang dipenuhi dengan penampilan publik, tetapi dia menghilang beberapa kali dari mata publik awal tahun ini, terkadang selama berminggu-minggu. Ia juga dikabarkan memiliki gaya hidup yang sangat tidak sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini