Ini Nama Para Pejabat yang Daftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid 19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Siapa nama-nama pejabat  yang menjadi relawan uji klinis Vaksin Covid-19?

Dalam daftar relawan yang tertera terdapat nama Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Doni Monardo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kapolda Jabar Irjen Rudy Sufahriadi, Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho, Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan dan Wali Kota Bandung Oded M Danial.

Mereka akan bersama-sama 1.620 relawan lainnya mendapat suntikan vaksin Covid-19. Penelitian dan uji klinis vaksin yang dibuat oleh Bio Farma yang bekerja sama dengan perusahaan farmasi asal Cina, Sinovac tersebut dilakukan di Jawa Barat, tepatnya di Universitas Padjadjaran. Ini merupakan uji klinis tahap akhir, setelah sebelumnya melalui penelitian dan uji klinis di Cina.

Pada Selasa 11 Agustus 2020 lalu, Presiden Joko Widodo bahkan datang langsung ke Universitas Padjajaran dan lab Bio Farma, untuk menyaksikan proses uji klinis tahap akhir ini.

Uji klinis tahap 3 sebelum vaksin Covid-19 ini diproduksi besar-besaran merupakan tahapan yang perlu dilalui semua produk farmasi termasuk obat-obatan dan vaksin.

Jumlah 1.620 subjek relawan diperoleh Fakultas Kedokteran Unpad dan Bio Farma setelah melewati dua kali skrining. Rekrutmen pertama mampu menjaring 540 subjek, sedangkan di tahap kedua diperoleh 1.080 subjek relawan. Relawan yang terpilih setelah lolos dari pengujian imunogenitas (respon imun) dan efikasi (respon dalam melawan virus) melalui tes darah.

Penyuntikan dan pemantauan pasien uji klinis tahap 3 dilakukan terus menerus dan akan berlangsung hingga minggu ketiga di bulan Desember dengan total, 1.620 relawan. Karena itulah, mayoritas relawan adalah merupakan warga Bandung karena mereka harus terus dimonitor, diperiksa, dan menjalani analisa rutin dalam menilai efektivitas vaksin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini