Chelsea
(Foto: Standard)

MATA INDONESIA, LONDONThomas Tuchel mengukir sejarah baru di Liga Champions usai membawa Chelsea lolos ke final. Dia menjadi pelatih pertama yang tampil di partai puncak dua tahun beruntun.

Berlaga pada leg kedua semifinal Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis 6 Mei 2021 dini hari WIB, Chelsea menundukkan Madrid dengan skor 2-0. Dua gol The Blues dicetak Timo Werner dan Mason Mount.

Dengan hasil ini, Chelsea berhak lolos ke final mencatatkan agregat 3-1 setelah pada leg pertama di Alfredo di Stefano Stadium pertandingan berakhir imbang 1-1.

Chelsea sudah tiga kali melaju ke final Liga Champions setelah sebelumnya di 2008 dan 2012. Hanya Manchester United dan Liverpool klub Inggris yang paling banyak ke final (4 kali). Dari dua kesempatan sebelumnya, mereka berhasil menjadi juara di 2012.

Bagi Tuchel, ini adalah final kedua Liga Champions beruntun. Musim lalu, dia membawa PSG ke final sebelum akhirnya ditaklukkan Bayern Muenchen.

“Saya sangat bahagia dengan pencapaian ini. Saya berterima kasih atas kesempatan menjalani karier di sepak bola dan profesi ini menjadi passion saya,” kata Tuchel, dikutip dari BBC, Kamis 6 Mei 2021.

“Saya juga bersyukur bisa berada di level ini dan mencapai final lagi. Saya sangat bersyukur dengan kenyataan ini,” ujarnya.

Menurut Tuchel, perjuangan timnya melaju ke final tidak mudah. Dia menyebut Madrid membuat anak asuhnya kesulitan.

“Ini laga sulit karena Madrid banyak menguasai bola dan mereka membuat kami menderita. Tapi kami sangat berbahaya dalam serangan balik. Kami tak pernah kehilangan rasa lapar dan keinginan kuat untuk bertahan,” ungkapnya.

“Real Madrid adalah tim berbahaya, mereka bisa tiba-tiba mencetak gol. Jadi, kami harus bertahan. Meskipun ada banyak peluang dan gagal mencetak gol, Anda tak boleh hilang fokus di lapangan,” katanya.

Chelsea akan menghadapi Manchester City di final yang digelar di Istanbul pada 29 Mei 2021. Sebelumnya, City menyingkirkan PSG dengan agregat 4-1.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here