Catatan Unik Buffon usai Juventus Juara Piala Italia

Baca Juga

MATA INDONESIA, REGGIO EMILIA – Juventus menjuarai Piala Italia usai mengalahkan Atalanta. Gianluigi Buffon menorehkan catatan unik sebagai seorang kiper.

Berlaga di Stadion Mapei, Kamis 20 Mei 2021 dini hari WIB, Juventus mengalahkan Atalanta dengan skor 2-1. Dua gol Bianconeri dicetak Dejan Kulusevski dan Federico Chiesa. Gol tunggal Atalanta dicetak Ruslan Malinovsky.

Selama berkarier, total Buffon memenangkan enam Piala Italia. Satu gelar bersama Parma di musim 1998/99 dan lima lagi dengan Juventus (2014/15, 2015/2016, 2016/17, 2017/18, 2020/21).

Keberhasilan menjuarai enam Piala Italia menyejajarkan Buffon dengan legenda sekaligus pelatih timnas Italia saat ini, Roberto Mancini.

Ada catatan unik yang ditorehkan Buffon. Dia menjuarai Piala Italia satu tim dengan Enrico Chiesa dan Federico Chiesa. Kiper berusia 43 tahun juara Piala Italia bersama Chiesa di Parma.

22 tahun kemudian Buffon menjuarai Piala Italia bersama Federico, yang merupakan anak dari Enrico Chiesa. Saat juara bersama Parma, Federico belum genap berusia 22 tahun.

Di final lawan Atalanta, Federico menjadi kunci kemenangan Juventus dengan mencetak gol kedua setelah sebelumnya skor imbang 1-1.

Musim ini kemungkinan yang terakhir bagi Buffon. Di usia 43 tahun, kiper asal Italia sempat mengatakan akan pensiun. Dia pernah meninggalkan Juventus ke PSG pada musim 2018/19, tapi hanya bertahan satu musim dan kembali ke Turin memperkuat Si Nyonya Tua.

Total Buffon memperkuat Juventus selama 19 tahun dan memenangkan banyak trofi terutama Serie A. Hanya Liga Champions yang belum bisa dimenangkan kiper yang lahir pada 28 Januari tersebut. Selain Piala Italia, musim ini mantan kiper Parma itu memenangkan Piala Super Italia usai mengalahkan Napoli dengan skor 2-0 pada Januari lalu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Target Menang Pilkada, PPP Kota Jogja Gandeng Lima Parpol Bentuk Koalisi Besar

Mata Indonesia, Yogyakarta - DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Jogja telah memulai strategi mereka untuk menghadapi Pilkada 2024 yang akan digelar pada bulan November nanti. PPP berencana untuk membentuk koalisi dengan minimal lima partai untuk memenangkan Pilkada 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini