All England: Swab Negatif, Pemain Indonesia Latihan di Gym

Baca Juga

MATA INDONESIA, BIRMINGHAM – Pemain-pemain bulutangkis Indonesia melakukan latihan di gym Hotel di Birmingham, Senin 15 Maret 2021. Latihan bisa digelar setelah hasil PCR menyatakan semuanya negatif Covid-19.

Kepala Sub Bidang Pengembangan Sport Science PP PBSI, Iwan Hermawan mengatakan, latihan di gym ini merupakan latihan awal setelah menempuh perjalanan panjang dari Tanah Air menuju Birmingham.

Pengembalian daya tahan jadi fokus utama latihan untuk menghadapi turnamen bulutangkis All England, pada 17-21 Maret di Utilita Arena Birmingham.

“Kemarin kita terbang sekitar 16-17 jam dan ada proses jetlag juga. Jadi di latihan awal Senin ini saya memberikan program latihan cardio mengembalikan kondisi cardiovascular, daya tahan cardiovascular jantung dan paru mereka. Karena ini penting, daya tahan itu menjadi modal dasar dari common fisik pada atlet,” ujar Iwan, Selasa 16 Maret 2021.

“Setelah hasil swab test PCR negatif semua, kita bisa menggunakan gym untuk latihan awal setelah kita datang ke Birmingham ini,” katanya.

Protokol kesehatan yang ditetapkan panitia penyelenggara cukup ketat. Kapasitas gym yang dapat berisi 20 orang hanya boleh digunakan 6 orang saja dalam satu periode latihan.

“Ruangan gym-nya sebenarnya agak besar, kapasitas sekitar 20 orang. Tapi karena ada protokol kesehatan, kita hanya diberikan jatah untuk 6 atlet dalam satu periode latihan,” ungkapnya.

“Periode latihannya itu hanya 45 menit, walaupun kita punya kesempatan latihan 1 jam. Waktu 15 menitnya mereka gunakan untuk sterilisasi tempat sebelum digunakan oleh grup berikutnya,” ujarnya.

“Saya berikan latihan-latihan di treadmill dan sepeda. Kita pakai program latihan interval. Intensitasnya sedikit tinggi, tapi volumenya tidak terlalu panjang, sekedar untuk mengembalikan kondisi fisik mereka,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini