Ronnie James Dio Populerkan Simbol Tiga Jari

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Masih ingat dengan Gene Simmons? Pemain bass grup Band KISS yang suka menjulurkan lidah ini  mendaftarkan penggunaan simbol tiga jari ke departemen hak paten di Amerika Serikat.

Gene Simmons mengaku ia menciptakan simbol tiga jari saat melakoni tur bandnya KISS,  Hotter Than Hell pada 1974. Simbol itu, yang Ia sebut sebagai tanda “I Love You” dan “Rock On  muncul di album Love Gun (1977).

Namun hal itu dibantah penyiar radio rock, Eddie Trunk, Ia  mengatakan bahwa Gene Simmons tak mengerti soal simbol ini.

Menurut Eddie, Gene Simmons sebenarnya ingin mendaftarkan simbol sign of the horn, yang selama ini lekat dengan musik metal dan rock. Tapi sayangnya, simbol yang diacungkan Gene berbeda dengan sign of the horn, atau simbol tanduk.  Simbol ini nyaris sama dengan simbol ‘Aku Cinta Kamu’, hanya saja tanpa jempol teracung.  Pasalnya, simbol tanduk itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Simbol ini diperkirakan muncul di India dan dipakai oleh Siddhārtha Gautama, sekitar 500 Sebelum Masehi. Simbol tanduk ini dianggap sebagai apotropaik yang dianggap simbol untuk mengenyahkan iblis dan pengaruh jahat sihir.

Simbol tiga jari itu juga jadi semacam doa keberuntungan. Simbol itulah yang kemudian diajarkan seorang nenek pada cucu kesayangannya, Ronald James Padavona, musisi rock. Si Nenek ini pun meminta nama cucunya diganti menjadi Ronnie James Dio. Dalam bahasa Italia, Dio berarti Tuhan. Dunia pun kemudian mengenal Dio sebagai vokalis heavy metal legendaris, Rainbow dan Black Sabbath.

”Ronnie (James Dio) mulai mengacungkan simbol tanduk, tak lama setelah menggantikan Ozzy sebagai vokalis Black Sabbath pada 1979,” ujar Simon Young, editor di majalah heavy metal Kerrang.

Meski Dio bukanlah musisi pertama yang mengenalkan simbol itu dalam dunia musik. Pada 1969, band psikedelik-gaib asal Chicago, Coven, sudah menampilkan simbol tanduk itu dalam sampul belakang album perdana mereka, Witchcraft Destroys Minds & Reaps Souls.

Namun berkat Dio, simbol ini menjadi semacam simbol kebangsaan musik metal. Simbol ini kemudian dikenal sebagai maloik. Penggemar musik metal menganggap simbol ini keren. Mereka juga masih akan terus menasbihkan Dio sebagai orang yang mempopulerkan simbol tanduk di ranah musik metal.

Dio adalah legenda musik metal dunia. Lahir dengan nama asli Ronaldo Giovanni Padovan, pada 10 Juli 1942 di Portsmouth, New Hampshire, musisi yang dijuliki godfather musik metal ini meninggal pada 16 Mei 2010 karena penyakit kanker perut.

Simbol tiga jari akhirnya memang identik dengan Dio. Neneknyalah yang mengajarkan salam ini kepada Dio yang kemudian digunakannya saat tampil konser saat ia bergabung dengan Black Sabbath. Itupun, Dio gunakan karena ingin meniru vokalis Black Sabbath sebelumnya Ozzy Osbourne yang punya trademark simbol V (jari telunjuk dan jari tengah).

Reporter : Ananda Nuraini

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini