Kang Nara (Foto: Instagram/@kang_naraa)
Kang Nara (Foto: Instagram/@kang_naraa)

MATA INDONESIA, JAKARTAKorea Selatan dan Korea Utara adalah negara serumpun. Namun, hingga saat ini keduanya menjadi negara yang berbeda, dari segi budaya dan sangat mustahil jika reunifikasi.

Ketika membicarakan tentang Korea Selatan yang terbesit di pikiran banyak orang adalah K-Pop dan dramanya. Sementara, Korea Utara juga banyak menjadi bahan perbincangan oleh banyak pihak karena gaya kepemimpinan Kim Jong Un.

Di antara ketegangan yang terjadi di antara keduanya, ada beberapa kisah menarik sial pembelot Korea Utara yang melarikan diri ke Korea Selatan. Salah satunya sukses menjadi influencer dan selebritis.

BACA JUGA: Korea Utara Sebut Penonton Drakor ‘Crash Landing On You’ Tak Punya Moral

Ia adalah Kang Nara, wanita cantik yang berhasil kabur dari negara kelahirannya. Tepat hari ini, Kamis 9 Juli 2020, Kang Nara berusia 23 tahun.

Cerita bagaimana Kang Nara kabur dari Korea Utara pun menjadi sorotan publik, terlebih usianya masih muda kala itu. Ia membelot pada tahun 2014 untuk menemui sang ibu yang sudah berhasil kabur dua tahun sebelumnya.

Awal mula Kang Nara membelot karena ia sempat mendapat pertanyaan dari sang ibu yang apakah ia juga ingin datang ke Korea Selatan. Kang Nara sempat ragu untuk menerima tawaran itu.

Namun setelah beberapa waktu, ia memutuskan untuk menerima tawaran tersebut. Sang ibu pun mulai bekerja dan segera mengirimkannya broker.

Perjuangannya tidaklah mudah. Ia mengambil rute memutar melalui Cina, Myanmar dan Thailand sebelum tiba di Korea Selatan untuk reuni dengan ibunya.

Kang Nara menyebutkan bahwa perjalanan itu merupakan pengalaman yang sangat melelahkan, karena ia harus menyebrangi sungai yang berbahaya dan larut malam menyeberang ke Tiongkok. Di sisi lain, ia tidak bisa berenang.

Rasa takut yang menghantuinya sepanjang perjalanan pun tidak bisa dihindari. Pasalnya, para tentara akan terus menerus menyinari lampu tembak untuk mencarinya.

Ia juga hampir tewas ketika menyebrangi sungai Amrok, karena tidak bisa berenang dan kala itu arus sungat cukup kuat. Ditambah lagi, ia kehilangan kontak dengan brokernya.

BACA JUGA: Setelah Muncul, Kim Jong-un Tembaki Korea Selatan

Dengan melakukan aksi pembelotan, artinya ia sudah tidak bisa kembali lagi ke Korea Utara. Ia harus meninggalkan semua yang ada di sana, termasuk orang-orang yang disayang.

Meski sudah berpisah, Kang Nara mengaku masih tetap berhubungan dengan keluarga besarnya di sana. Ia berharap telah memperlakukan keluarganya dengan baik ketika masih tinggal bersama.

Kini, Kang Nara pun menjadi terkenal akan cerita perjuangannya itu. Ia pun berhasil menjadi seorang beauty influencer dan membuka akun Youtube-nya sendiri, 놀새나라TV (Surprised Nara TV).

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here