Mengenang Pertemuan Sutopo dan Raisa, Berawal dari Mention di Twitter & Didukung Netizen

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hari ini, Selasa 7 Juli 2020, tepat satu tahun Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia. Sebelum meninggal sosok Sutopo kerap tampil di televisi sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sutopo tutup usia saat menjalani pengobatan RS St. Stamford Modern Cancer Hospital, Guangzhou, Cina, Minggu 7 Juli 2019 waktu setempat. Ia menghembuskan nafas terakhirnya usai berjuang melawan kanker paru selama satu setengah tahun.

Saat menyampaikan informasi tentang bencana yang ada di Indonesia, Sutopo dikenal publik sebagai seseorang yang bertanggung jawab dan ramah dengan wartawan dan publik. Namanya semakin dikenal karena mengidolakan penyanyi cantik Raisa.

BACA JUGA: Tangkuban Perahu Meletus, Warganet Rindukan Sosok Sutopo

Pria kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969, ini selalu mentwit tentang penyakit kanker kepada sesama penderita penyakit kanker. Sutopo pun kerap me-mention akun Twitter Raisa, @raisa6690.

Sejak tahun 2017, Sutopo ranjin menulis nama Raisa untuk penyemangat kawan seperjuangan penderita kanker. Namun, cuitan Sutopo pada 1 Oktober 2018 baru mendapat sambautan hangat warganet dan kemudian viral.

Tak sedikit warganet yang me-retweet hingga me-mention Raisa agar bisa berjumpa dengan Sutopo. Warganet bahkan membuat tagar #RaisaMeetSutopo. Tagar ini pun sempat ramai.

“Meski kanker paru stadium 4B, saya tetap berusaha melayani media dan masyarakat dengan baik. Untuk rekan penyintas kanker. Jangan patah semangat. Tetap sabar, kerja dan berdoa. Hidup itu bukan panjang-pendeknya usia. Tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain.@raisa6690,” tulis Sutopo.

Cuitan Sutopo yang viral pun berbuah manis dengan adanya respon dari Raisa. Melalui akun twitternya, Raisa mengapresiasi upaya mempertemukannya dengan Sutopo, yang dinilai memberi banyak inspirasi.

“Hari ini twitterku ramai dengan #RaisaMeetSutopo, dan ngebaca semua cerita di tweet temen2, bikin aku rasanya udh kenal deket sama Pak Sutopo yang disayang banyak orang. Semangat dan terus menginspirasi ya Pak @Sutopo_PN,” tulis Raisa.

Sutopo pun kaget dan merasa khawatir akan grogi jika bertemu idolanya, hingga berujung salah satu cuitan lucunya menghibur warganet.

“Janganlah ketemu, nanti saya malah “Terjebak Nostalgia”.
Bisa juga “Serba Salah” malah celakanya kalau saya sampai “Jatuh Hati” dan akhirnya menganggap sebagai “Mantan Terindah” ha-ha-ha…,” tulis Sutopo.

BACA JUGA: Cari Info Gempa Maluku Utara, Netizen Kangen Sutopo

Rupanya, Sutopo dan Raisa juga pernah berkomunikasi melalui panggilan video. Hal ini terjadi saat Sutopo mengabarkan perkembangan terkini penanganan bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala di kantor BNPB, Jakarta, 3 Oktober 2018.

Seorang staf memberikan ponsel pada Sutopo. Diujung telepon sudah ada Raisa. Keduanya akhirnya berkomunikasi melalui video call.

“Saya terima kasih mbak. Ini menjadi kenangan terindah buatku,” kata Sutopo.

Setelah itu, akhirnya impian Sutopo untuk bertemu Raisa terwujud. Momen pertemuan itu diunggahnya pada Selasa 6 Oktober 2018 lalu.

“Horreee akhirnya bertemu Raisa. Malah Raisa nyanyi di depan Raisa mengucapkannya lewat akun Twitter-nya, @raisa6690, yang dikutip Selasa 7 Juli 2020.

Sutopo sempat terpaku melihat sosok idola tiba-tiba benar-benar hadir di depannya. Tak lama kemudian, senyum lebar terpancar dari wajah pria kelahiran Boyolali itu.
“Hallo Bapak Apa Kabar,” kata Raisa.

“Hallo, saya malah bingung ini siapa gitu kan,” kata Sutopo.

“Saya juga, kayaknya kenal,” sahut Raisa.

“Ini mbak Raisa kan ya,” tutur Sutopo.

BACA JUGA: Sesal Rossa Abaikan Permintaan Sederhana Almarhum Sutopo

Raisa juga nampak menyanyikan beberapa lagu untuk Sutopo yang duduk di kursi terdepan dari puluhan penonton yang hadir. Ia tampak terpaku menyaksikan penampilan sang idola ada di depan mata.

“Saya terima kasih sekali,” kata Sutopo.

“Sehat terus ya, Pak,” ucap Raisa.

“Dengan ketemunya Mbak Raisa mudah-mudahan saya sehat,” tambah Sutopo.

“Tadi malam itu saya mimpi, anggrek di rumah saya itu bermekaran. Ketemulah saya dengan anggrek Indonesia, Mbak Raisa,” tutur Sutopo.

Kini Sutopo telah tiada. Tapi, kenangan tentang sosok dirinya yang begitu mengidolai Raisa dan keramahannya kepada awak media dan publik akan selalu terkenang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini