Kisah Enid Blyton, Ratu Cerita Anak yang Populer

Baca Juga

MATA INDONESIA, LONDON – Jika bicara soal novelis asal Inggris, mungkin yang pertama teringat ialah JK Rowling. Tak sepenuhnya salah. Penulis satu itu juga populer seantero dunia. Tapi tahukah kamu siapa yang lebih dulu populer sebelum penulis Harry Potter terkenal?  Yap! Kalau kamu jawab Enid Blyton, kamu benar. Enid Mary Blyton ialah novelis asal Inggris yang melegenda lewat karya-karyanya yang mengisahkan petualangan anak-anak dan remaja.

Dari ratusan buku yang ia tulis, hampir semuanya menjadi buku paling populer dan masih terjual jutaan copy hingga saat ini.

Jika JK Rowling sukses dengan cerita fiksi dan fantasi seperti Harry Potter, Blyton justru sukses dengan cerita petualangan anak-anak yang lebih sederhana namun memikat.

Wanita kelahiran Dulwich, Inggris tahun 1897 ini memang mencintai dunia sastra. Bakatnya dalam menulis terlihat saat usianya 14 tahun, Enid Blyton menjuarai kompetisi puisi.

Bakatnya terus ia asah. Hingga pada 1922 Blyton merilis buku pertamanya berjudul Child Whisper’s yang menjadi batu loncatan untuk melambungkan namanya.

Enid Blyton menandatangi buku ceritanya
Enid Blyton menandatangi buku ceritanya

Meski demikian, perjalanan kesuksesan Enid Blyton tidaklah mudah. Mulanya ambisi Blyton dalam menulis tak didukung kedua orang tuanya. Tapi hal itu tak lantas membuatnya berhenti menulis. Justru membuatnya semakin bersemangat dalam berkarya.

Diketahui, ia telah menulis lebih dari 750 judul buku dan selalu populer. Karyanya pun telah diterjemahkan ke lebih dari 90 bahasa di seluruh dunia. Bahkan buku-bukunya terjual lebih dari 600 juta copy.

Saat ajal menjemput Blyton karena penyakit Alzaimer yang dideritanya, Blyton tak lantas dilupakan begitu saja. Karyanya masih terjual bahkan dinikmati masyarakat diseluruh dunia. Film mengenai dirinya pun rilis di Inggris pada 2009 berjudul ‘Enid’.

Buku-buku Blyton memang sangat di gandrungi anak-anak pada masanya. Mengapa? Cerita yang dihadirkan Enid Blyton terkenal sangat menarik dan mudah dicerna. Meski lebih ditujukan untuk anak-anak, nyatanya karya Blyton juga di nikmati orang dewasa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini