MATA INDONESIA, JAKARTA – Nabi Muhammad shalallahu alahi wassalam lahir dari silsilah atau nasab keluarga yang paling mulia. Nasabnya terpelihara dan terjaga kehormatannya. Nabi Muhammad dilahirkan dari keluarga yang terbaik dari keluarga Arab. Dari ayah hingga kakek buyutnya yang terkenal saleh.

Maulid Nabi adalah momentum untuk mengenal Rasulullah. Bagaimana nasabnya, siapa saja keluarganya? Mari kita lihat sosok Nabi SAW.

Nama lengkap Rasullulah adalah Muhammad bin Abdullah. Nama ayah Nabi adalah Abdullah bin ‘Abdul Muttalib bin Hashim. Sedangkan ibunya adalah Aminah binti Wahab bin ‘Abdul Manaf

Nabi SAW adalah anak tunggal. Ia mempunyai banyak paman. Kakek Rasulullah Abdul Muthalib memiliki anak sebanyak 19 orang anak. 13 orang laki laki dan yang selebihnya adalah wanita. Ayah Nabi SAW, Abdullah merupakan yang termuda.

Kedua belas paman rasulullah tersebut adalah :
1. Haris, paman Rasullah yang tertua.
2. Abu Thalib
3. Zubair
4. Hamzah
5. Abu Lahab
6. Ghaidaq
7. Muqawwam
8. Dhirar
9. Abbas
10.Qusam
11.Abdul Ka`bah
12.Hajal dikenal juga dengan Mughirah

Diantara seluruh paman Rasulullah yang masuk islam hanyalah Hamzah dan Abbas. Hamzah masuk Islam pada tahun kedua tahun kenabian. Ada juga yang mengatakan Hamzah masuk Islam pada tahun ke-6 kenabian. Ia mendapat gelar Asadullah (Singa Allah).

Hamzah mengikuti perang badar dan syahid dalam peperangan Uhud. Saat jasad pamannya, Rasulullah menangis. Saat itu usia Hamzah berusia 59 tahun dan dimakamkan bersama dengan anak saudaranya Abdullah bin Jahsy dalam satu liang kubur.

Sedangkan Abbas merupakan paman Nabi SAW yang termuda. Ia lebih muda dari Rasulullah sekitar 2 atau 3 tahun. Abbas termasuk pemuka suku Quraisy dan masuk Islam pada penaklukan Khaibar. Abbas sempat menyembunyikan keislaman dan baru menampakkan keislaman saat penaklukan kota Makkah. Rasulullah sering kali mendoakan Abbas dan anak anak cucunya. Abbas wafat pada masa khalifah Usman bin Affan RA pada tahun 33 H dalam usia 88 tahun dan dimakamkan di Baqi.

Paman yang paling dekat dengan Nabi SAW adalah Abu Thalib. Ia pelindung utama Nabi SAW sejak masih kecil hingga masa kenabian. Setelah Nabi SAW diangkat sebagai rasul, ia menjadi pelindung utama keluarga bani Hasyim dari serangan masyarakat Makkah. Keberadaan Abu Thalib mempunyai peran penting dalam masa kenabian Rasulullah SAW.

Dari sekian banyak pamannya, Abu Lahab adalah orang yang paling membenci Nabi SAW. Padahal awalnya ia justru yang paling sayang kepada keponakannya itu. Rasa cinta itu berubah menjadi kebencian setelah Nabi SAW diangkat menjadi rasul.

Sedangkan Bibi Rasulullah yaitu:
1.Atikah
2.Umaimah
3.Baidhak
4.Barrah
5.Shafiyah
6.Arwa

Lalu siapa Nenek Rasulullah? Nama Nenek Rasulullah dari pihak ayahnya Abdullah adalah Fathimah binti Amri Al Muakhzumiyah. Ia adalah istri dari Abdul Muthalib, kakek Nabi SAW.

Selain keluarga, Nabi SAW juga memiliki beberapa saudara sesusuan baik ketika menyusu dengan Thuwaibah maupun ketika menyusu dengan Halimatus Sa`diyah .yaitu :

1. Hamzah
2. Abu salamah bin Abdil `Asad

Keduanya sama sama menyusu dengan Rasulullah kepada Thuwaibah, hamba sahaya Abu Lahab ketika Thuwaibah sedang menyusu anaknya Masruh bin Suwaibah.

3. Abu Sufyan bin Haris bin Abdul Muthalib. Ia merupakan saudara susuan Rasulullah dengan Halimatus Sa`diyah.
4. Abdullah
5. Asiyah
6. Huzafah dikenal dengan nama Asy Syaima`

Ketiganya merupakan anak Halimatus Sa`diyah

Rasul menyusu kepada sejumlah perempuan. Mereka adalah

1.Sayyidah Aminah,
2.Tsuwaibah al-Aslamiyah (budak perempuan Abu Lahab, paman Nabi SAW),
3.Khaulah binti Nundzir
4.Ummu Aiman,
5.seorang wanita lain dari Bani Sa’diyah, dan tiga wanita ‘awatik.
6.Halimah binti Abu Zuaib As-Sa‘diah (lebih dikenali Halimah As-Sa‘diah. Suaminya bernama Abu Kabsyah). Halimah punya anak perempuan bernama Asy-Syaima’ yang kemudian menjadi tawanan perang Hunain dan kemudian dibebaskan.

Nabi Muhammad SAW juga punya sepupu yang dekat dengan dirinya. Beberapa sepupu Nabi SAW yang laki-laki (anak dari paman Nabi SAW) ada dua puluh lima. Semuanya masuk Islam kecuali Thalib bin Abi Thalib, dan ‘Utaibah bin Abi Lahab. Sepupu-sepupu yang paling masyhur adalah ‘Ali bin Abi Thalib, Ja’far bin Abi Thalib, ‘Uqail bin Abi Thalib, ‘Abdullah bin ‘Abbas, Al-Fahl bin ‘Abbas, ‘Ubaidullah bin ‘Abbas, Qitsm bin Al-‘Abbas, Abu Sufyan bin Al-Harits, dan Rabi’ah bin Al-Harits.

Sepupu Nabi SAW yang perempuan dari adalah Ummu Hani binti Abi Thalib, Dhaba’ah binti Az-Zubair, Dirrah binti Abi Lahb, dan Umamah binti Hamzah.

Sedangkan sepupu Nabi SAW bibi ada sebelas laki-laki dan tiga perempuan yaitu ‘Amir bin Baydha’ dan Zuhair (keduanya anak dari ‘Aatikah), lalu ‘Abdullah bin Jahsy, ‘Ubaidullah bin Jahsy, lalu Az-Zubair bin Al-‘Awwam, Zainab binti Jahsy, Hamnah binti Jahsy. Semuanya masuk Islam kecuali ‘Ubaidullah bin Jahsy.

Reporter: Dedi Setiadi

 

1 KOMENTAR

  1. Kakak, klo yg lain sudah bagus tp yg sepupu agak sulit dibaca mending dikasih nomor biar lebih enak dibaca

    Tp isinya udh bagus kok
    Makasih banyak ya..♥

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here