Cikal Bakal Ilmu Astrologi, Dibagi Jadi 4 Elemen yang Gambarkan Sifat Manusia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hayo ngaku, Kamu suka baca zodiak atau horoskop? Kalau iya, Kamu percaya gak sih dengan ramalan bintang?

Ramalan zodiak memang banyak dinanti. Mereka yang penasaran dengan apa yang terjadi di masa mendatang atau tentang kepribadian seseorang atau dirinya pasti menggunakan zodiak untuk mencoba menerkanya.

Pertanyaannya, bagaimana sih cikal bakal ilmu astrologi itu sendiri?

Zodiak atau horoskop berkaitan dengan ilmu astrologi. Adapun pengertiannya adalah ilmu yang menghubungkan gerakan benda-benda tata surya dengan kehidupan di bumi.

BACA JUGA: 3 Pasangan Zodiak Yang Membawa Keburukan Satu Sama Lain, Benar Gak?

Mundur jauh kebelakang, semuanya dimulai dari bangsa Babilonia kuno yang gemar mengamati bintang-bintang. Bangsa Babilonia menemukan bahwa beberapa bintang menciptakan pola (konstelasi) dan bulan yang terkadang tampak lebih besar.

Menurut mereka, hal-hal tersebut mempengaruhi pasang-surut permukaan laut di bumi. Mereka menyadari dengan melacak pergerakan benda-benda langit, mereka dapat memprediksi perubahan musim dan gerhana.

Melalui pengamatan pergerakan benda langit, masyarakat Babilonia menyadari adanya orbit atau jalur pergerakan planet, bulan, dan Matahari. Orbit tersebut dijadikan acuan dalam pembagian 12 zodiak. Dalam hal ini, dengan mempertimbangkan posisi planet lainnya.

BACA JUGA: 4 Zodiak Ini Lebih Pilih Pacaran dengan Sahabatnya Sendiri

Dikembangkan Oleh Bangsa Yunani

Ketika Persia mengambil kekuasaan, suku Babelonia pergi ke daratan Eropa Selatan. Dari situ orang-orang Yunani mengadopsi ilmu tersebut dan menambahkan lapisan baru.

Bagi mereka, konstelasi bintang tidak hanya mempengaruhi cuaca di bumi. Melainkan membawa karakter tertentu yang mempengaruhi kepribadian mereka yang lahir saat konstelasi tersebut muncul.

Orang-orang Yunani menambahkan kisah mitologis pada setiap konstelasi. Dari dua belas konstelasi, dibagi menjadi empat elemen.

Berikut empat elemen yang dimaksud:

1. Capricorn, Taurus dan Virgo
Elemen Bumi
Rendah hati dan dapat dipercaya

2. Aquarius, Gemini dan Libra
Elemen Udara
Komunikatif dan penuh empati

3. Pisces, Cancer, dan Scorpio
Elemen Air
Emosional dan sensitif

4. Aries, Leo dan Sagitarius
Elemen Api
Kepribadian yang keras dan berapi-api

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini