Resep Es Gabus Pelangi, Si Legend yang Segar Buat Buka Puasa!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Ada yang tahu es gabus pelangi? Kamu yang generasi tahun 90-an, pasti kenal betul dengan jajanan yang sering ada di depan sekolah ini.

Teksturnya berbeda dari tak seperti es krim, es gabus terasa lembut dan halus, ketika digigit juga agak sedikit kenyal. Rasanya manis plus ditambah susu kental manis pun jadi ciri khas jajanan ini.

Sayangnya, sekarang jajanan ini sangat langka banget. Tapi tak perlu khawatir karena membuat es gabus ini sangat mudah dan bisa dibuat sendiri.

BACA JUGA: Terbongkar! Resep Kentang Goreng Renyah McDonald’s, Buat Yuk

Berikut resep membuat es gabus pelangi yang dikutip dari Intsagram @dietmulaibesok:

Bahan-bahan:
180 gram tepung hunkwe
1 liter santan sedang
5 sendok makan gula
Garam secukupnya
Pewarna makanan merah, kuning, dan hijau
Plastik

Cara membuat:

1. Campurkan tepung hunkwe, santan, gula, dan garam dalam suatu wadah hingga tercampur rata.

2. Setelah tercampur bagi menjadi tiga adonan, dan berikan masing-masing pewarna yang berbeda (merah, kuning, dan hijau).

3. Masak adonan pertama yang berwarna merah dengan api kecil hingga mendidih, lalu tuangkan ke dalam wadah persegi.

BACA JUGA: Resep Dalgona Stroberi dan Cokelat Nutella, Pas untuk Buka Puasa!

4. Kemudian masak adonan kedua berwarna kuning sama seperti adonan pertama berwarna merah, dan tuangkan di atas adonan pertama. Begitu pula dengan adonan ke tiga berwarna hijau, tuangkan seperti lapisan merah, kuning, dan hijau dalam wadah persegi.

5. Diamkan dalam suhu ruang selama 30 menit hingga adonan memadat.

6. Lalu masukkan ke dalam kulkas (bukan dalam freezer) selama 30 menit agar adonan lebih mudah dipotong.

7. Setelah memadat, dan mudah dipotong. Potong tipis adonan dan balut dengan plastik. Lalu letakkan ke dalam freezer hingga mengeras.

8 Es gabus siap dihidangkan.

View this post on Instagram

Es apa ini hayoooo? Buat sendiri yuk bisa untuk takjil berbuka nanti, cuss cek aneka resepnya di @cakedankue dan @berbagiresep Es kue / es gabus / es wadai Oleh @konicasumitro Bahan: 180 gr tepung hunkwe 1 L santan sedang 5 sdm gula pasir (tergantung selera aja, saya kebetulan nggak suka manis) Garam secukupnya Pewarna makanan Plastik kaca • Cara membuat: 1. Campurkan santan, gula pasir, garam dan tepung hunkwe dalam satu wadah, lalu aduk hingga rata. 2. Bagi menjadi 3 adonan, beri masing-masing warna (saya pakai warna pink, kuning dan hijau). 3. Masak 1 bagian adonan (pink) dengan api kecil dan masak hingga adonan meletup-letup, matikan api ketika adonan sudah terasa berat saat diaduk tapi masih bisa dituang. 4. Tuang adonan pink ke dalam cetakan yg telah dialasi plastik tebal, ratakan lalu sisihkan. 5. Sementara menunggu lapisan pink dingin, masak adonan berikutnya hingga meletup-letup. 6. Kemudian tuang diatas adonan pink. 7. Begitu jg dengan adonan warna hijau. 8. Biarkan adonan padat di suhu ruang selama kurang lebih 30 menit. 9. Lalu masukkan adonan ke dalam kulkas (bukan freezer) selama kurang lebih 15 menit agar adonan mudah dipotong. 10. Potong adonan tipis-tipis lalu bungkus dengan plastik, dan masukkan ke dalam freezer hingga beku. 11. Es kue/es gabus siap disajikan. . . Tag temanmu Follow juga @laperbaper #Eswadai #esgabus #eskue #kuliner #resep #recipe

A post shared by Diet Mulai Besok (@dietmulaibesok) on

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini