Emmanuel Macron Sebut Indonesia di Bawah Presiden Jokowi Adalah Pelaku Utama Perdamaian Indo-Pasifik

Baca Juga

MATA INDONESIA, ROMA – Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyebut Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi adalah pelaku utama perdamaian dan kerja sama di Kawasan Indo-Pasifik. Macron juga sebut Jokowi sebagai sahabatnya.

Hal itu diungkapkan Emmanuel Macron dalam twit berbahasa Indonesianya di akun miliknya yang dikutip, Minggu 31 Oktober 2021.

“Bersama jajaran mitra, kita akan terus bertindak agar kawasan Indo-Pasifik tetap menjadi ruang untuk perdamaian dan kerja sama. Perihal ini, Indonesia adalah pelaku utama, lebih dari sekadar mitra, yakni sahabat, @jokowi yang terhormat,” ujar Macron.

Prancis yang kini memegang presidensi di Dewan Uni Eropa, Macron akan memperkuat hubungan antara Uni Eropa, Asia Tenggara dan G20.

Indonesia akan memegang Presidensi G20 yang efektif mulai Desember 2021. Meski menjadi sebuah kebanggaan, namun ada tugas berat yang harus dipikul Indonesia.

Sebagaimana deklarasi KTT G20 Roma, Indonesia harus memimpin dunia untuk mengatasi Pandemi Covid-19. Sebab, hingga kini belum ada kesetaraan vaksin Covid-19. Masih banyak negara miskin di Afrika yang cakupan vaksinasinya baru tiga persen dari jumlah penduduk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini