Yuk, Konsumsi 5 Sayuran Ini Agar Daya Tahan Tubuh Tetap Terjaga

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sayuran merupakan salah satu makanan yang kaya akan nutrisi dan memiliki manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, daya kekebalan tubuh menjadi penting untuk melindungi tubuh dari ancaman virus corona.

Maka, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, ada 5 jenis sayuran yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Pertama, yaitu paprika merah. Sayuran ini mengandung tiga kali lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Selain itu, paprika juga bisa menjadi sumber beta karoten yang kaya.

Berdasarkan informasi dari Healthline, vitamin C bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan kulit. Sementara beta karoten, juga bisa menjaga kesehatan mata dan kulit.

Kedua, yaitu brokoli. Sayuran ini termasuk yang paling sehat karena mengandung vitamin A, C, E, serat dan banyak senyawa antioksidan lainnya.

Maka, supaya manfaatnya tidak hilang disarankan untuk tidak memasaknya atau mengolahnya terlalu lama.

Ketiga, yaitu Jamur. Dengan mengonsumsi jamur setiap hari selama empat minggu, jumlah dan kekuatan sel-T akan berkembang signifikan sehingga kekebalan tubuh meningkat. Kondisi ini juga membantu menurunkan protein pemicu peradangan.

Kemudian, bisa juga dengan mengonsumsi bawang putih. Menurut Cochrane Database of Systemic Reviews, menunjukkan bahwa manfaat bawang putih salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu contoh manfaatnya diperlihatkan dari penurunan angka kasus flu pada kelompok penelitian setelah mengonsumsi bawang putih selama tiga bulan.

Terakhir, dengan mengonsumsi sayur bayam. Kandungan antioksidan dan beta karoten yang banyak dinilai bisa meningkatkan kemampuan tubuh melawan penyakit atau infeksi.

Namun sama halnya dengan brokoli, proses pengolahan jangan terlalu lama. Hal ini bertujuan agar nutrisi dalam bayam tidak hilang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini