Jaga Imunitas, Ini Jumlah Vitamin C Harian yang Wajib Kamu Konsumsi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita dituntut menjaga imunitas atau daya tahan tubuh untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh. Diketahui, vitamin C bisa berperan penting untuk menjaga kekebalan imun kamu loh.

Ahli gizi Katherine Zeratsky mengatakan, tubuh tak bisa memproduksi dan menyimpan vitamin C. Dikutip dari Mayo Clinic, Zeratsky menyarankan agar seseorang menambahkan asupan vitamin C melalui asupan makanan seperti buah dan sayur.

Selain itu, vitamin C juga bisa didapat dari berbagai suplemen tubuh. Suplemen yang beredar umumnya menawarkan kandungan vitamin C sebanyak 500-1.000 miligram.

Lantas, sebenarnya berapa banyak jumlah vitamin C yang diperlukan tubuh untuk menjaga imunitas?

Dilansir dari Healthline, Institute of Medicine mengeluarkan rekomendasi jumlah takaran asupan nutrisi dari makanan atau suplemen. Asupan vitamin C harian yang direkomendasikan, yakni anak-anak usia 1-3 tahun sebanyak 15 miligram, anak-anak usia 4-8 tahun sebanyak 25 miligram, remaja usia 9-13 tahun sebanyak 45 miligram, usia 14-18 tahun 65-75 miligram, perempuan dewasa di atas 19 tahun 75 miligram, dan laki-laki dewasa usia di atas 19 tahun sebanyak 90 miligram.

Tak cuma kategori di atas, ibu hamil dan menyusui pun perlu asupan vitamin C untuk membantu menjaga daya tahan. Masih dari Healthline, ibu hamil dianjurkan minum vitamin C sebanyak 85 miligram dan ibu menyusui sebanyak 120 miligram per hari.

Zeratsky mengatakan, orang dewasa maksimal mengonsumsi vitamin C hingga 2.000 miligram dalam sehari. Meski demikian, konsumsi vitamin C berlebih tidak akan memberikan efek samping berarti yang perlu dikhawatirkan.

“Konsumsi suplemen dengan dosis berlebih bisa mengakibatkan diare, muntah, mual, heartburn, kram perut, sakit kepala, dan insomnia,” kata Zeratsky.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini