Tips Belanja Online yang Pintar Biar Gak Kena Tipu

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Hebohnya thread di akun Twitter anak Presiden Indonesia, Kaesang Pangarep mengenai akun jualan online yang kerap menipu, kembali mengingatkan kita betapa pentingnya berhati-hati sebelum belanja di toko daring.

Pasalnya, masih banyak dan bertebaran di sosial media akun-akun jualan online yang nyatanya sering menipu pembelinya. Tentu hal tersebut meresahkan para pelanggan, apalagi yang memang hobi berbelanja online.

Gak cuma penipuan yang membawa kabur uang pelanggannya, tapi ada juga online shop yang menipu melalui barang yang dikirimkan namun tak sesuai dengan yang kita inginkan.

Nah, memang banyak ya risiko yang harus dipikirkan sebelum belanja online. Tapi, jangan sedih. Kalau kamu pintar, cermat dan berhati-hati kamu bisa kok mendapatkan barang yang kamu mau lewat belanja online. Yuk simak tipsnya!

1. Belanja di E-Commarce

Biasanya, jika kamu belanja online lewat e-commarce maka ada jaminan barang kamu akan sampai di tanganmu. Sebab, umumnya e-commarce memberikan batas waktu pengiriman barang kepada seller dan kamu sebagai pelanggan juga bisa melihat waktunya.

Nah, jika barangmu tak kunjung dikirimkan di waktu yang sudah ditentukan, biasanya uangmu akan dikembalikan secara otomatis oleh pihak e-commarce. Karena itulah ada baiknya kamu belanja online di e-commarce terpercaya ya.

2. Selalu Periksa Ulasan Produk

Meskipun di e-commarce uangmu sudah terjamin aman, tapi kualitas barang belum tentu loh. Biasakan untuk memeriksa ulasan produk pada barang yang kamu inginkan di toko tersebut ya. Jika rata-rata komentarnya positif dan baik, kamu boleh memutuskan untuk belanja di toko tersebut. Dan pastikan toko itu merupakan toko resmi dan sudah trusted.

3. Memeriksa Identitas Akun

Kalau kamu benar-benar ingin membeli barang di luar e-commarce, kamu perlu ekstra hati-hati. Ada baiknya kamu memeriksa identitas akun online shop itu terlebih dahulu.

Coba baca kolom komentarnya, apakah ada pelanggan yang mengeluhkan mengenai barang yang mereka jual. Jika online shop itu ada di Instagram, kamu bisa memeriksa ‘Tentang Akun’ pada account online shop itu.

Jika toko tersebut kerap gonta-ganti nama pengguna (user name), lebih baik kamu hindari karena bisa jadi ia akun penipu yang sering mengganti nama akunnya.

4. Tanyakan Keaslian Produk

Gak ada salahnya kok kamu menanyakan keaslian produk pada online shop. Mulai dari brand, hingga foto yang di pajang di toko online mereka.

Kamu juga bisa meminta foto asli dari barang yang kamu pilih untuk memastikan barang yang kamu mau benar-benar sama bentuknya dengan yang di display picture. Jadi, jangan ragu untuk bertanya ya.

5. Jangan Berikan Terlalu Banyak Informasi

Gak cuma menipu uang dan barang yang kamu beli, bisa jadi online shop mengincar data pribadimu untuk hal-hal yang berbahaya. Umumnya, toko online akan memberimu format pemesanan yang berisi nama lengkap, alamat rumah, kode barang, hingga nomor telefon.

Nah, jika mereka sudah menanyakan diluar itu, kamu patut curiga dan jangan sekali-sekali diberikan ya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini