Perhatikan Gaes! Ini Kesalahan Pakai Masker yang Masih Sering Terjadi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Pandemi virus Covid-19 di Indonesia nampaknya belum menunjukan tanda-tanda akan usai. Kondisi tersebut semakin mendesak kita untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat guna menekan angka penularan virus corona.

Hal ini termasuk dalam cara kita memakai masker. Beberapa bulan belakangan, masker menjadi keharusan untuk digunakan setiap keluar rumah, bukan?

Namun, ada saja yang masih belum memakai masker dengan baik dan benar. Jelas, jika penggunaan masker tak dilakukan secara benar, perlindungannya pun bisa jadi kurang maksimal.

Karenanya, ada beberapa kesalahan dalam memakai masker yang perlu kamu ketahui. Mungkin saja kesalahan tersebut masih sering kamu lakukan tanpa sengaja.

Nah, biar gak terulang lagi, yuk simak kesalahan bermasker yang perlu kamu perbaiki!

1. Tak Cuci Tangan saat Pakai Masker

Kesalahan pertama dalam penggunaan masker ialah tidak mencuci tangan terlebih dahulu. Penting untuk memastikan kondisi tanganmu sudah bersih sebelum menyentuh maskermu ya.

Cuci tanganlah terlebih dahulu dengan sabun dan air mengalir selama 30 detik atau kamu bisa menggunakan hand sanitizer untuk mensterilkan tanganmu dari kuman, bakteri, bahkan virus sebelum menggunakan masker.

2. Hanya Menutup Bagian Mulut

Siapa yang masih memakai masker sampai mulut? Duh, jangan diulangi deh. Pakailah masker dengan benar sampai menutup mulut dan hidungmu. Jangan lupa juga untuk menarik masker agar bagian dagumu juga tertutup.

3. Menurunkan Masker ke Dagu

Jika hendak makan atau minum, ada baiknya kamu tidak menurunkan masker ke dagu. Sebab, area dagu bisa jadi terpapar oleh bakteri dan virus. Kemudian, saat kamu turunkan ke dagu, permukaan dalam maskermu jadi tak higienis lagi.

Ada baiknya kamu melepas maskermu sebelum melakukan aktivitas seperti makan dan minum ketimbang kamu menurunkan maskermu ke area dagu.

4. Menyentuh Bagian Depan Masker

Tahukah kamu kalau bagian depan masker merupakan area yang sangat berisiko terpapar virus? Maka jangan sekali-kali menyentuhnya ya.

Jika hendak membukanya, cobalah buka masker dari tali yang mengikat ke telinga. Jadi, tangamu bisa bebas tercemar dari kotoran yang ada di permukaan depan masker.

5. Meletakan Masker di Tempat Terbuka

Nah, kesalahan selanjutnya ialah tidak menyimpan masker dengan baik. Mungkin kamu masih sering meletakan maskermu di tempat terbuka. Namun, hal tersebut perlu kamu hindari ya.

Simpanlah masker bekas pakai atau masker baru di tempat yang tertutup. Hal itu guna tidak membiarkan virus atau bakteri di masker bekas pakai jadi berterbangan di udara, dan agar masker bersihmu tidak tercemar pula.

6. Terlalu Lama Memakai Masker

Terakhir ialah terlalu lama memakai masker. Ini juga merupakan kesalahan yang perlu kamu hindari ya.

Sebab, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah merekomendasikan untuk mengganti masker setiap empat jam sekali. Namun, frekuensi mengganti masker bisa lebih cepat jika maskermu dalam keadaan basah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Putusan MK Mengikat dan Final, Semua Pihak Harus Terima Lapang Dada

Mahkamah Konstitusi (MK) telah menyelesaikan sidang sengketa hasil pemilihan presiden dan wakil presiden 2024. Keputusan yang diambil oleh Mahkamah...
- Advertisement -

Baca berita yang ini