Perhatian, Jangan Lakukan Ini Saat Menolong Orang yang Tersedak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Makan sambil mengobrol merupakan suatu aktivitas yang tidak disarankan untuk dilakukan. Apabila Anda tidak berhati-hati bisa membuat tersedak yang membahayakan. Kondisi ini bisa menyerang siapa saja sehingga perlu diketahui cara untuk mengantisipasinya. Namun, ada beberapa hal yang harus dihindari jika ingin menolong orang yang sedang tersedak.

Pertama yaitu menggunakan jari untuk mengambil benda yang mengganggu untuk membersihkan jalan napas mereka. Sapuan dengan menggunakan jari bisa lebih berbahaya daripada menolong orang yang sedang tersedak.

“Keluarkan benda itu dari mulut mereka hanya jika Anda bisa melihatnya,” saran WebMD dalam panduan pengobatan tersedak

Kedua yaitu dengan menggunakan jari untuk mengorek makanan pada orang yang sedang tersedak. Tindakan ini bisa memperburuk persoalan karena makanan umumnya sulit terlihat.

Menurut National Health Care Provider Solutions (NHCPS), gagasan bahwa mengorek jari cocok dengan segala usia telah terganti oleh praktik berbasis bukti. Tindakan yang menggunakan jari ini dinilai bisa mendorong objek lebih jauh ke dalam jalan napas.

Maka, sebaiknya Anda bisa melakukan manuver Heimlich sebagai bentuk pertolongan pertama. Menurut NHCPS, ketika memberikan pertolongan pertama saat tersedak, memeriksa visual mulut orang yang menerima bantuan di antara rangkaian dorongan perut bisa menjadi langkah yang paling baik. Apabila makananannya sudah terlihat maka Anda bisa mengeluarkannya dengan jari.

Mengutip dari situs WebMD tentang pertolongan pertama tersedak, ada beberapa langkah yang harus dilakukan saat melakukan manuver Heimlich. Pertama yaitu berdiri di belakang orang tersebut dan lingkarkan tangan di pinggang. Kedua, kepalan tangan diletakkan di atas pusar orang tersebut sementara kepalan tangan Anda yang lain dipegang dengan tangan lainnya.

Ketiga, tariklah ke dalam dan ke atas seolah-olah mencoba mengangkat orang tersebut. Keempat, lakukan 5 total dorongan perut. Apabila sumbatan masih belum lepas, bisa dengan melanjutkan siklus 5 pukulan punggung dan 5 dorongan perut sampai benda terbatuk atau orang tersebut mulai bernapas atau batuk.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini