Percaya Gak Percaya, Ini 5 Mitos Paling Aneh di Indonesia

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Indonesia memang terkenal sebagai negara yang kaya raya. Tanah air kita yang pada hari ini tepat merayakan kemerdekannya ke-75 tahun dikenal penuh dengan cagar budaya, adat istiadat, dan kepercayaannya.

Bahkan, sangking kayanya budaya di Indonesia, mitos-mitos yang berkembang pun unik dan beragam.

Mitos merupakan kepercayaan yang diwariskan secara turun temurun sehingga banyak yang menganggapnya sebagai sebuah kebenaran. Memang, mitos sering kali tak masuk akal dan logika. Tapi namanya kepercayaan, tentu masih ada saja orang yang mematuhinya.

Di Indonesia sendiri, mitos sangat banyak ditemukan bahkan tak sedikit warga Indonesia yang masih mempercayainya. Apa saja ya mitos-mitos unik yang ada di Tanah Air? Kuy simak!

  1. Memotong Kuku di Malam Hari

Pernahkah kamu memotong kukumu pada malam hari? Dan tahukah kamu mitos dari kegiatan tersebut? Konon, orang dulu sangat melarang kita untuk memotong kuku pada malam hari. Karena mitosnya, jika kita memotong kuku di malam hari akan membuat kita cepat meninggal.

Akan tetapi, ada juga penjelasan logikanya dimana zaman dulu penerangan masih sangat minim. Maka, berbahaya jika kita memotong pada malam hari. Meski demikian, masih ada loh orang yang mempercayai mitos ini dan mengindarinya.

2. Membuang Uang Koin saat Lewati Jembatan

Jika kamu melintasi jembatan Sewo yang berada di perbatasan Subang dan Indramayu, kamu akan menemukan para penyapu. Bukan menyapu debu ataupun kotoran, melainkan penyapu koin.

Konon, di bawah jembatan Sewo terkenal dengan keangkerannya. Hal ini dikaitkan oleh tragedi kecelakaan bus transmigran yang menewaskan puluhan penumpang pada tahun 1970-an.

Hal ini membuat warga percaya akan mitos untuk melemparkan uang koin saat melintasi jalan tersebut agar aman dan selamat sampai tujuan. Kamu pernah coba?

3. Jangan Memakan Buah dengan Bijinya

Mitos unik lainnya ialah larangan agar kamu tak memakan buah dengan biji-bijinya. Kenapa ya? Sebab, menurut mitos yang beredar, jika kamu mengkonsumsi buah beserta biji, niscaya kepalamu akan ditumbuhi tumbuhan dari biji buah yang kamu makan.

Mitos ini memang menggelitik banyak masyarakat Indonesia karena dinilai tak masuk akal. Padahal maksudnya ialah agar kita bisa menanam biji-biji tersebut agar bisa melestarikan alam. Tapi, ada sebagian orang yang masih mempercayainya loh!

4. Anak Perempuan Dilarang Makan Sayap

Nah, cewek-cewek pernah dengar orang tua kalian menyebutkan mitos ini gak? Konon, anak perempuan tak boleh memakan sayap ayam karena bisa menjauhkannya dari jodoh.

Padahal, yang dimaksud ialah karena sayap ayam memiliki banyak kandungan lemak. Nah, jika anak remaja khususnya perempuan mengkonsumsi sayap dan berlebihan, bisa menimbulkan jerawat pada wajahnya. Meski begitu, banyak juga anak-anak perempuan yang percaya dan jadi enggan mengkonsumsi sayap ayam.

5. Ibu Hamil Wajib Bawa Gunting

Konon, wanita yang sedang hamil erat diikuti oleh jin dan makhluk halus lainnya. Nah, orang tua dahulu yakin jika gunting bisa dipercaya sebagai penolak bala dan makhlus halus yang kerap mengganggu ibu hamil.

Meski sulit diterima akal sehat, nyatanya mitos ini masih dipercaya dan kerap dilakukan oleh ibu hamil jika hendak keluar rumah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

AMN Manado Bangkitkan Etos Pemuda Jadi Cendekia Cerdas dan Terhormat

Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) Manado membangkitkan etos para pemuda untuk menjadi cendekia yang cerdas dan terhormat, sehingga mereka terampil...
- Advertisement -

Baca berita yang ini