MATA INDONESIA, JAKARTA – Kondisi cuaca yang tengah panas bikin sebagian orang tak bisa tidur tanpa adanya pendingin udara, salah satunya kipas angin.

Tapi, muncul juga nih desas-desus yang mengatakan tidur dengan kipas angin bisa bikin paru-paru basah. Bener gak sih?

Paru-paru basah pada dasarnya disebut  sebagai Efusi Pleura. Efusi pleura merupakan kondisi saat ada penumpukan cairan di antara dua lapisan pleura.

Efusi pleura atau paru-paru basah biasanya disebabkan oleh faktor-faktor tertentu, seperti kondisi pneumonia, TBC, gagal jantung, kanker paru-paru hingga penyakit ginjal.

Nah, hal tersebut membuktikan bahwa kipas angin tidak berdampak pada penyakit paru-paru basah. Akan tetapi, bukan berati kamu bisa tidur dengan kipas angin menyala loh!

Tidur dengan kipas angin menyala non stop menghadap ketubuh bisa bikin kulitmu kering dan dehidrasi. Gak cuma itu, penyakit hipotermia juga mengintaimu kalau kamu terus-terusan tidur dengan kipas menyala.

Jika kamu tetap ingin tidur dengan membiarkan kipas angin menyala, ada baiknya kamu tak membiarkannya diam menghadap tubuhmu ya. Biarkan kipas angin berputar agar sirkulasi udara di kamarmu tetap baik terjaga.

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here