Google Doodle Ikut Rayakan Hari Kemerdekaan, Angkat Keberagaman Budaya Nusantara

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAGoogle Doodle hari ini, Senin 17 Agustus 2020, menampilkan banyak hal khas yang biasanya ditemukan pada perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Ilustrasi ini dibuat seniman Martcellia Liunic.

Google Doodle pada HUT RI ke-75 ini ini menyoroti keragaman yang membentuk kesatuan Indonesia atau yang lebih dikenal dengan “Bhinneka Tunggal Ika”. Terlihat ada ilustrasi seperti Harimau Sumatera dan bunga Rafflesia Arnoldii (yang mekar terbesar di dunia) sebagai contoh dari keanekaragaman fauna dan flora asli nusantara yang melimpah.

BACA JUGA: Gaes! Ini Daftar Promo Kuliner Spesial Hari Kemerdekaan, Lumayan Buat Jajan!

Kemudian, ada pula penggambaran Panjat Pinang, salah satu kegiatan dari lomba “Tujuhbelasan” yang kerap digelar masyarakat. Menurut Google, Panjat Pinang merupakan permainan terpopuler yang mengharuskan tim untuk bekerja sama mencapai puncak tiang yang licin dan mengklaim hadiah.

Tak hanya itu, lebih dari sekedar permainan, Panjat Pinang mewujudkan semangat gotong royong dan menekankan pentingnya persatuan Indonesia.

BACA JUGA: Asyik! 10 Gerai Kopi Ini Kasih Promo Spesial Hari Kemerdekaan

Lalu ada juga ilustrasi yang menggambarkan baju-baju adat khas daerah Indonesia dari daerah papua hingga bali serta pemandangan alam di mana Indonesia memiliki banyak pulau serta pegunungan.

“Saya ingin menggambarkan tidak hanya perayaan ini dalam ilustrasi saya untuk doodle, tetapi juga pentingnya “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “persatuan dalam perbedaan” ujar Liunic dikutip dari laman Google.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini