Obesitas Bisa Picu Penyakit Lain, Apa Saja?

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Masalah obesitas tidak bisa diabaikan karena bisa mengundang banyak penyakit lain ke dalam tubuh, mulai dari diabetes hingga risiko kanker.

Ada beberapa dampak kesehatan karena obesitas, sehingga penanganannya harus dilakukan secara cepat. Dokter Spesialis Penyakit Dalam Dicky L Tahapary menjelaskan ada beberapa penyakit yang dialami oleh penderitanya.

Diabetes, merupakan penyakit yang umum dijumpai pada penderita obesitas. Orang dengan obesitas memiliki resiko 80-85 persen mengidap diabetes tipe 2. Tubuh penderita obesitas bisa merangsang sel lemak dalam perut melepaskan bahan kimia ‘pro-inflamasi’. Senyawa ini menyebabkan tubuh kurang merespons insulin yang dihasilkan sehingga gula darah tidak terkontrol.

Kemudian menurut Hellosehat, penyakit obesitas bisa memengaruhi kesehatan jantung. Obesitas bisa memicu lonjakan kadar kolestrol jahat LDL dan trigliserida, sementara kolestrol baik HDL berkurang. Tubuh bisa kelebihan LDL dan Trigliserida yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah semakin tinggi.

Obesitas juga bisa memengaruhi terjadinya penyakit GERD. Gastroesophaegal Reflux Disease atau GERD adalah penyakit yang disebabkan oleh asam lambung yang berlebih. Menurut Healthline, berat badan berlebih bisa meningkatkan tekanan pada perut sehingga menyebabkan asam lambung.

Selain itu penderitanya beresiko tinggi mengalami radang sendi karena berat badan berlebih memberikan tekanan pada sendi dan tulang rawan.

Satu hal yang cukup penting yaitu obesitas juga bisa menyebabkan kanker. Orang dengan barat badan berlebih sering kali mengalami radang kronik yang menyebabkan kerusakan DNA memicu kanker tertentu, misalnya kanker lambung.

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini