Catat, Obesitas di Indonesia Sudah Mengkhawatirkan

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTAObesitas (kelebihan berat badan) di Indonesia sudah mengkhawatirkan.

Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) yang dilakukan Kementerian Kesehatan pada 2018 ditemukan fakta bahwa satu dari tiga orang dewasa Indonesia mengalami obesitas.

Lebih mengkhawatirkan lagi, riset itu menemukan satu dari lima anak usai 5-12 tahun juga mengalami kelebih berat badan tersebut.

“Tren masalah berat badan pada orang dewasa Indonesia telah mengalami peningkatan hampir dua kali lipat dari 19,1 persen pada 2007 menjadi 35,4 persen pada 2018,” ujar Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular pada Kementerian Kesehatan, dr. Cut Putri Arianie, Kamis 4 Maret 2021.

Obesitas menurut dr. Cut, telah menimbulkan dampak kesehatan serius dan risiko finansial yang semakin mahal bagi negara.

Di dunia terdapat lebih dari 800 juta orang yang mengalami obesitas. Konsekuensinya akan memerlukan dana 1 triliun dolar AS pada 2025 untuk mengatasi masalah tersebut.

Maka, dr. Cut sepakat agar pemerintah lebih menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk menurunkan angka obesitas.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Uji Coba Blasting Wadas Jadi Tontonan Warga yang Penasaran, Warga Sempat Khawatir

Mata Indonesia - Proses penambangan andesit di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Purworejo, Jawa Tengah memasuki babak baru. Saat ini proses akan dilakukan pengeboman (blasting) guna membongkar Bangkalan batu andesit.
- Advertisement -

Baca berita yang ini