Nih Gaes! Sederet Hewan Peliharaan yang Baik untuk Anak-anak

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memelihara hewan peliharaan kadang menjadi aktivitas yang menyenangkan. Sebab, kita bisa merasa terhibur melihat tingkah laku mereka yang lucu dan menggemaskan.

Terlebih di masa pandemi seperti ini. Sebuah sudi terbaru menyarankan kita untuk memiliki hewan peliharaan, terutama saat sedang masa karantina. Pasalnya, hewan-hewan tersebut bisa membunuh rasa bosan dan stres kita di dalam rumah.

Tak hanya untuk diri sendiri, memelihara hewan di rumah juga baik untuk anak-anak loh! Memiliki hewan peliharaan bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat bagi mereka. Hewan peliharaan yang dipilih dengan baik dapat membawa sukacita pada anak selama bertahun-tahun.

Gak cuma itu, kepemilikan hewan peliharaan juga dapat menjadi kesempatan bagi anak-anak untuk mengerti pelajaran hidup yang berharga karena mereka bisa merawat makhluk hidup. Hewan peliharaan dapat mengajarkan anak-anak tentang tanggung jawab dan keandalan dengan bimbingan orang dewasa.

Nah, buat orangtua di luar sana, simak nih beberapa jenis hewan peliharaan yang bisa menjadi rekomendasi untuk anak di rumah. Apa aja sih? Yuk simak!

  1. Ikan
Ikan cupang (pixabay)

Hewan pertama ialah ikan. Ikan bisa menjadi hewan peliharaan yang sederhana untuk anak. Namun, kamu harus tau kalau tak semua jenis ikan bisa dipelihara ya.

Dikutip dari Healthline, ikan yang cocok dipelihara oleh anak-anak ialah betta fish atau ikan cupang. Ikan cupang dikenal bisa bertahan hidup dalam isolasi. Memeliharanya pun mudah, sebab kamu tidak perlu aerator, filter, pemanas, atau bahan kimia.

2. Burung

ilustrasi burung (pixabay)

Burung juga bisa jadi hewan peliharaan yang bagus untuk anak-anak loh. Sama seperti ikan, burung juga dinilai mudah dirawatnya untuk pemula termasuk anak-anak.

Namun, sedikit berbeda dengan ikan, memelihara burung harus lebih teliti dan membutuhkan banyak perhatian. Tapi, ini bisa menjadi tugas untuk anak-anak agar lebih bertanggung jawab dengan hewan peliharaannya.

3. Anak Kucing

Ilustrasi anak kucing (pixabay)

Hayo, siapa disini yang gak suka kucing? Hewan berbulu dan menggemaskan ini pasti jadi kesukaan banyak orang ya, tak terkecuali anak-anak.

Dilansir dari Healthline, memelihara anak kucing untuk si kecil juga menjadi pilihan yang baik. Kucing terkenal sebagai hewan independen yang tidak membutuhkan perawatan serumit anjing. Namun, kucing tetap memerlukan pemeriksaan dan imunisasi hewan secara teratur untuk kesehatannya.

Bersama anak kucing, si kecil bisa diajari bagaimana merawat hewan peliharaan yang benar dan penuh kasih sayang. Selain itu, anak kucing yang aktif juga bisa diajak bermain untuk membuat anak jadi banyak bergerak.

4. Kelinci

Ilustrasi kelinci (pixabay)

Satu lagi hewan yang cocok untuk jadi peliharaan anak-anak di rumah ialah kelinci. Mamalia kecil ini bisa memberikan manfaat pada anak-anak ketika merawatnya.

Binatang bertelinga panjang ini disukai karena sifatnya “pendiam” atau tidak menganggu sehingga aman dari keluhan tetangga. Kelinci bisa menjadi binatang kesayangan alternatif jika kamu tidak suka anjing atau kucing.

Kehadiran kelinci juga dapat membantu pendidikan anak-anak di rumah. Adanya kelinci juga dapat merangsang anak-anak untuk observasi, lebih toleransi, menjaga emosi, dan melatih bertanggung jawab untuk mengurus semua keperluan binatang peliharaannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini