Melirik Suku Sabu dan Baju Adatnya yang Dikenakan Presiden Jokowi

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Baju adat yang dikenakan Presiden RI Joko Widodo saat tampil membaca pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan MPR/DPR menjadi sorotan. Pasalnya, Jokowi tampil gagah dengan stelah baju adat dengan kombinasi warna hitam dan emas.

Diketahui, baju adat yang dipilih Jokowi merupakan baju asal Suku Sabu, Nusa Tenggara Timur (NTT). Suku sabu merupakan salah satu kelompok etnis yang mendiami Pulau Sawu dan Pulau Raijua di NTT.

Busana ini memiliki nama sesuai dengan nama daerahnya, Sabu. Pulau Sabu sendiri merupakan pulau terpencil yang minim fasilitas dan jauh dari hinga bingar perkotaan. Masyarakat Sabu pun menyebut tempat tinggal mereka dengan Rai Hawu.

Dikutip dari Phinemo, penyebutan kata ‘Sabu’ sempat berganti menjadi ‘savu’ ketika datangnya bangsa Portugis dan Belanda pada abad ke-17.

Pulau Sabu pun terkenal dengan pemandangannya yang eksotis dan memukau. Saat berkunjung kesini kamu pun akan disuguhkan dengan gunung-gunung dan hamparan pepohonan.

Mereka pun memiliki tradisi unik, yaitu bersalaman hidung saat saling berjumpa.

Salaman hidung ala Suku Sabu

Tak hanya pemandangan dan tradisinya yang menjadi identitas dari pulang Sabu. Baju adat mereka pun terkenal menarik.

Mengutip dari berbagai sumber, baju adat suku sabu berbeda dengan laki-laki dan perempuan. Untuk laki-laki, busana yang dikenakan ialah kemeja putih lengan panjang. Lalu bawahannya, laki-laki menggunakan sarung yang terbuat dari kain tenun.

Baju adat Suku Sabu

Tak sampai disitu, aksesoris yang digunakan di baju adat Suku Sabu pada kaum pria juga beragam. Terdapat selendang yang diselempangkan pada bahu, ikat kepala berupa mahkota tiga tiang yang terbuat dari kalung emas, kalung mutisalak, sabuk berkantong, perhiasan leher (habas) dan sepasang gelang.

Sedangkan untuk perempuan, mereka menggunakan kebaya dan kain tenun dengan dua buah lilitan. Kain ini berbentuk sarung dengan ikat pinggang yang disebut pending.

Meski terdapat perbedaan dengan baju adat yang di pakai Jokowi, dimana ia mengenakan kemeja hitam panjang, namun penampilannya tetap gagah dan tak mengurangi rasa nasionalismenya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Resmi Jadi Kader NasDem, Sutrisna Wibawa bakal Bersaing Ketat dengan Bupati Gunungkidul

Mata Indonesia, Yogyakarta - Mantan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sutrisna Wibawa, telah resmi bergabung sebagai kader Partai Nasional Demokrat (NasDem). Hal ini jelas memperkuat dinamika politik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gunungkidul 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini