Ini Tips Membeli Tanaman Hias Agar Tidak Menyesal!

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Sejak pandemi Covid19 merebak, banyak masyarakat yang mengisi waktu luangnya dengan bercocok tanam. Maka, tanaman hias menjadi semakin populer.

Sayang, tidak banyak orang yang paham cara memilih tanaman dengan tepat. Sering kali masyarakat awam yang tidak paham tanaman rugi dan kecewa setelah membelinya.

Berikut mari kita bahas tips membeli tanaman hias untuk pemula, agar tidak kecewa apalagi merasa rugi setelah membawanya pulang.

Website Tanamanku.net memberi beberapa langkah agar pemula puas membeli tanaman hias seperti berikut:

Jangan Satu Tempat.
Jangan hanya survei harga tanaman di satu tempat saja. Dalam proses jual beli, tawar menawar merupakan hal yang wajar dan sering dilakukan, maka perlu pengetahun tentang tren dan harga tanaman di pasaran. Setelah itu baru memilih tanaman dengan kualitas bagus.

Pilihlah Tanaman yang Sehat.
Pilihlah tanaman dengan daun yang tidak terdapat bekas gigitan ulat (bolong atau robek), carilah yang berdaun lebat, dan pilih yang tidak layu.

Jangan lupa memeriksa akar tanaman yaitu mencari akar yang telah menyatu dengan tanah agar tanaman kuat tidak mudah mati. Jika akar tanaman terlalu mudah digoyangkan, maka ada kemungkinan akar tersebut baru tumbuh sedikit atau bahkan baru di stek dari batang.

Pilih Daun Berwarna Cerah.
Jika membeli tanaman hias jenis philodendron, aglaonema dan anthurium pilihlah yang berdaun warna cerah dan terlihat sehat serta segar.

Pilihlah tanaman yang telah keluar kuncupnya. Kemudian, pilih tanaman yang ukuran daun barunya kebih besar dibandingkan daun-daun yang telah tumbuh lama. Sebab, jika ukuran daun yang baru tumbuh lebih kecil dari daun yang lama artinya pohon tersebut kekurangan nutrisi. Perhatikan juga susunan daunnya terlihat kompak atau tidak.

Periksa Kondisi Akar.
Hal itu sangat penting. Apalagi saat membeli tanaman berbunga, seperti adenium karena akar yang kuat menjamin tanaman berbunga dengan baik dan tumbuh cepat.

Belilah Tanaman yang Sudah Memiliki Kuncup Bunga.
Tujuannya agar mekar saat sudah dipajang di rumah. Jika membeli tanaman dengan bunga yang sudah mekar hanya tahan beberapa hari, kemudian rontok.

Akar yang Banyak.
Jika memilih tanaman jenis pepohonan besar perlu diperhatikan banyaknya akar. Pastikan tanaman yang dipilih sehat dan tidak terdapat hama serta penyakit.

Belilah di Tempat Terpercaya.
Perhatikan rekomendasi teman ataupun keluarga. Karena hal tersebut dapat mengurangi risiko ditipu penjual nakal.

Itu lah tips yang bisa kamu lakukan saat akan membeli tanaman. (Reporter: Marlita Nursanti)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini