Tanaman lidah mertua (balkotfarm.jakarta.go.id)

MATA INDONESIA, JAKARTA – Memiliki rumah yang asri tentu menjadi idaman semua keluarga. Apalagi banyaknya tanaman dan pohon hias di setiap sudut, pasti membuat rumah terlihat lebih sejuk.

Namun pemilihan tanaman yang warna-warni belum tentu menjamin keamanan keluarga. Sebab, ada sejumlah tanaman hias yang ternyata mengandung racun. Pasti Kamu tak mau anggota keluarga bermasalah karena tanaman tersebut?

Berikut tujuh tanaman hias yang mengandung racun yang dikutip pada channel Youtube Sunandarupil.

1. Tanaman Dolar

Tanaman Dolar
Tanaman Dolar (kontraktorjogja.co.id)

Tanaman dollar atau yang biasa disebut dengan ZZ plan termasuk jenis tanaman hias yang sering kali ditempatkan disudut ruangan. Tanaman yang sering menghiasi sudut ruangan ini seluruh bagian tubuhnya mengandung racun. Menurut para peneliti, terdapat kandungan racun berupa senyawa oksalat yang bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan gatal-gatal.

2. Tanaman Caladium

Caladium
Caladium. (wikipedia)

Tanaman Caladium atau yang biasa disebut dengan kuping gajah termasuk ke dalam keluarga dari talas dan keladi yang menyimpan racun. Jika daun ini sampai termakan manusia atau binatang, salah satu dampak yang terjadi adalah pembengkakan pada lidah dan mulut serta menutup keluar masuknya udara.

3. Bunga Lily

bunga-lily bulelengkab.go.id
Bunga Lily. (bulelengkab.go.id)

Bunga lily terasuk tanaman hias yang keindahannya tidak ada duanya. Menurut US Food and Drug Administration, tanaman ini dapat membahayakan hewan peliharaan di rumah. Jika hewan peliharaan kita memakan atau menjilatnya akan mengalami gagal ginjal akut.

4. Tanaman Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua (balkotfarm.jakarta.go.id)

Tanaman Lidah Mertua jenis tanaman hias yang yang banyak digemari, apalagi bentuknya yang unik seperti pedang. Meskipun terlihat indah, namun siapa sangka tanaman ini mengandung racun. Efek samping yang ditimbulkan dari tanaman ini ialah muntah-muntah dan diare.

5. Tanaman Sri Rezeki

sri rezeki sonora.id
Tanaman Sri Rezeki. (sonora.id)

Tanaman hias Dieffenbachia omoena atau yang biasa disebut sri rejeki merupakan jenis tanaman hias yang banyak diincar oleh para pecinta tanaman. Namun mungkin banyak yang belum menyadari bahwa tanaman hias ini mengandung getah beracun pada bagian daun serta batangnya. Kandungan racun berupa kalsium oksalat menyebabkan terjadinya gatal-gatal pada bibir dan lidah serta kejang-kejang.

6. Tanaman Foxglove

foxglove
Tanaman Foxglove (daftarflora.web.id)

Bunga yang tampilannya terlihat seperti lonceng ini rupanya seluruh bagian tubuhnya mengandung glikosida yang membuat mahluk hidup keracunan. Beberapa reaksi yang kerap muncul akibat tanaman ini meliputi muntah, mual, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala, dan delirium.

7. Tanaman Philodendron

Philodendron-agrotek.id
Philodendron. (agrotek.id)

Philondendron merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digemari karena bisa menyegarkan mata. Namun, tanaman dengan daun yang rimbun ini diketahui sangat beracun. Apabila dikonsumsi secara tidak sengaja, maka terjadi pembengkakan di area bibir, lidah, dan tenggorokan. (Reporter: Gilang Permata)

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here