Ini Kebiasaan Sarapan yang Bikin Kamu Gampang Lelah

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Makan pagi atau sarapan memang kaya manfaat, salah satunya sebagai sumber energi. Sarapan layaknya ‘bahan bakar’ untuk mengisi energi setelah tidur malam dan memulai aktivitas sepanjang hari.

Sayangnya, masih banyak masyarakat yang melewatkan sarapan karena terburu-buru atau gak sempat. Gak cuma itu, masih sering juga ditemukan beberapa kebiasaan saat sarapan yang tidak disadari berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Salah satu dampaknya ternyata bisa bikin tubuh jadi mudah lelah loh. Bukannya lebih berenergi karena sudah sarapan, kamu malah jadi kecapekan pada siang hari.

Dikutip dari sumber, setidaknya ada enam kebiasaan saat sarapan yang tanpa disadari bikin tubuh gampang lelah. Apa saja itu? Yuk, simak!

1. Terlalu Banyak Minum Kopi

Biasanya, minuman berkafein seperti kopi jadi teman makan pagi yang paling cocok ya. Namun, jika kamu mengkonsumsinya terlalu banyak, justru bikin kamu gampang lelah di siang hari.

Kafein dalam kopi bisa membuat tubuh cepat lelah jika dikonsumsi berlebihan. Selain itu, kamu juga bisa mudah stres, gugup, cemas dan mudah marah jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi di pagi hari.

2. Tidak Mengkonsumsi Karbohidrat yang Cukup

Tahukah kamu tubuh yang tidak mendapatkan cukup karbohidrat bisa membuatmu lesu? Nah, hal ini menjadi alasan mengapa asupan karbohidrat sangat penting saat sarapan.

Tapi, bukan sembarangan karbohidrat loh. Agar tubuh tidak gampang lelah dibutuhkan karbohidrat kompleks. Karbohidrat dengan serat tinggi seperti roti gandum, oatmeal dan granola nyatanya memiliki lebih banyak nutrisi dan lebih lama dicerna tubuh sehingga dapat memberi energi lebih lama.

3. Kurang Minum Air Putih

Minum air putih jangan menunggu haus. Saat pagi hari pun kamu perlu mengkonsumsi air putih yang cukup. Sebab, jika asupan air putihmu kurang, kamu bisa dehidrasi dan menjadi penyebab kelelahan pada siang hari dan sakit kepala ringan.

Maka dari itu, selalu konsumsi air putih yang cukup saat sarapan pada pagi hari. Selain itu, minum air putih minimal delapan gelas per hari juga akan menjaga tubuh tetap fit.

4. Porsi Sarapan Terlalu Sedikit

Siapa yang lebih banyak makan malam ketimbang sarapan? Itu kesalahan besar loh. Ada baiknya, kamu memperbanyak porsi sarapan ketimbang makan malam ya.

Porsi sarapan yang cukup dan bergizi dapat memberi energi untuk beraktivitas seharian. Sarapan dengan porsi mini dan seadanya tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dengan demikian, tambahkan lagi porsi makan pagimu agar kamu lebih berenergi ya.

5. Mengkonsumsi Makanan Sisa Kemarin

Pernahkah kamu menyimpan sisa makanan saat makan malam dan berencana mengkonsumsinya lagi di pagi hari? Ternyata hal itu pantang kamu lakukan loh.

Pasalnya, jika kamu sarapan dengan makanan sisa semalam, maka bisa bikin tubuhmu cepat lelah. Hal ini disebabkan makanan sisa atau yang dipanaskan biasanya kekurangan nutrisi meski sudah disimpan sebaik mungkin.

Gak cuma bikin lelah, sarapan dengan makanan sisa semalam bisa bisa mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan kenaikan berat badan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Pilkada Damai Membutuhkan Keterlibatan Semua Pihak

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) adalah salah satu momen krusial dalam agenda demokrasi Indonesia yang membutuhkan keterlibatan aktif dari semua...
- Advertisement -

Baca berita yang ini