Keraton Yogyakarta
Keraton Yogyakarta

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap 1 Suro yang bertepatan dengan 1 Muharram Orang Jawa biasanya melakukan sejumlah ritual yang pada prinsipnya bertapa atau menenangkan diri.

Banyak tempat yang menjadi tujuan mereka melakukan tapa tersebut, delapan di antaranya adalah;

1. Keraton Yogyakarta Hadiningrat
Di Keraton itu biasanya diselenggarakan tradisi jimasan atau lebih dikenal dengan tradisi menyucikan benda pusaka.

Selain itu juga ada beberapa tradisi lain seperti halnya Tapa Bisu Mubeng Beteng yang dilakukan dengan mengelilingi benteng.

2. Keraton Surakarta
Di Keraton Surakarta Hadiningrat ritual 1 Suro dikenal dengan Kirab Kebo Bule. Tradisi tersebut akan dilakukan demi memohon keselamatan juga berkah dalam menyongsong pergantian tahun tersebut.

3. Pantai Parangtritis
Di pantai keramat itu, masyarakat melakukan ritual Jamasan atau mencuci keris maupun benda pusaka lainnya. Selain itu, banyak orang yang datang untuk kegiatan melarung.

4. Gunung Kawi
Gunung setinggi 2 ribu meter di atas permukaan laut itu terdapat sebuah pemakaman yang terkenal yaitu pesarean Kyai Zakaria sekaligus juga Imam Soedjono yang keduanya dikenal sebagai tempat keramat.

Kedua tempat itu sering dijadikan tempat untuk melakukan ritual memanjatkan puji syukur kepada Allah.

5. Petirtaan Belahan tepatnya di Candi Belahan
Peninggalan Kerajaan Airlangga itu selalu dipadati masyarakat yang mengikuti tradisi malam 1 Suro untuk melakukan ritual di sebuah pemandian yang airnya dipercaya berasal dari pancuran payudara kedua permaisuri Raja Airlangga yaitu Dewi Sri dan Dewi Laksmi.

Tempatnya cukup terpencil di Desa Wonosunyo, Pasuruan dan harus berjalan kaki melewati jalan berliku yang sulit sehingga perlu energi ekstra untuk bisa sampai di sana.

6. Stupa Sumberawan di Candi Singosari
Berlokasi di wilayah Malang, tepatnya di Candi Singosari, ada sebuah tempat tradisi 1 Suro yang dikenal dengan stupa Sumberawan. Beberapa ritual yang dilakukan di sana antara lain ruwatan yang akan difungsikan untuk meluruhkan berbagai jenis penyakit hati. Selain itu juga ada suguhan Nitiputut yang dilakukan dengan memanggil arwah untuk kemudian dimasukkan dalam sebuah boneka.

7. Kali Tempur, Alas Ketonggo Srigati
Ritual yang dilakukan saat 1 Suro adalah dengan melakukan perendaman atau kungkum di kali yang memiliki kedalaman 1 meter tersebut.

8. Petilasan Sri Adji Djoyoboyo                                                                                Jika Kamu ke Kediri, bisa menemukan tempat tradisi 1 Suro yang dikenal dengan sebutan Petilasan Sri Adji Djoyoboyo tepatnya di Kecamatan Pagu. Tradisi suroan di sini akan dilakukan dengan membakar sesajen yang diikuti dengan lantunan doa yang ada di Sendang Tirto Kamandanu. Selanjutnya, di pagi hari akan diadakan arak-arakan yang menuju ke Petilasan Sri Adji Djoyoboyo. Dalam arak-arakan tersebut para pemuda akan membawa pusaka dengan para gadis berpakaian tradisional.

 

BERIKAN #KomenPositif DI ARTIKEL BERITA INI

Please enter your comment!
Please enter your name here