Ini 8 Destinasi Favorit untuk Ritual 1 Suro

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Setiap 1 Suro yang bertepatan dengan 1 Muharram Orang Jawa biasanya melakukan sejumlah ritual yang pada prinsipnya bertapa atau menenangkan diri.

Banyak tempat yang menjadi tujuan mereka melakukan tapa tersebut, delapan di antaranya adalah;

1. Keraton Yogyakarta Hadiningrat
Di Keraton itu biasanya diselenggarakan tradisi jimasan atau lebih dikenal dengan tradisi menyucikan benda pusaka.

Selain itu juga ada beberapa tradisi lain seperti halnya Tapa Bisu Mubeng Beteng yang dilakukan dengan mengelilingi benteng.

2. Keraton Surakarta
Di Keraton Surakarta Hadiningrat ritual 1 Suro atau Kirab Kebo Bule. Tradisi tersebut akan dilakukan demi memohon keselamatan juga berkah dalam menyongsong pergantian tahun tersebut.

3. Pantai Parangtritis
Di pantai keramat itu, masyarakat melakukan ritual Jamasan atau mencuci keris maupun benda pusaka lainnya. Selain itu, banyak orang yang datang untuk kegiatan melarung.

4. Gunung Kawi
Gunung setinggi 2 ribu meter di atas permukaan laut itu terdapat sebuah pemakaman yang terkenal yaitu pesarean Kyai Zakaria. Tempat ini  sekaligus juga tempat pasarean Imam Soedjono. Keduanya terkenal sebagai tempat keramat.

Kedua tempat itu sering menjadi tempat untuk melakukan ritual memanjatkan puji syukur kepada Allah.

5. Petirtaan Belahan tepatnya di Candi Belahan
Peninggalan Kerajaan Airlangga itu selalu penuh dengan kehadiran  masyarakat yang mengikuti tradisi malam 1 Suro untuk melakukan ritual di sebuah pemandian. Konon airnya berasal dari pancuran payudara kedua permaisuri Raja Airlangga yaitu Dewi Sri dan Dewi Laksmi.

Tempatnya cukup terpencil di Desa Wonosunyo, Pasuruan dan harus berjalan kaki melewati jalan berliku yang sulit sehingga perlu energi ekstra untuk bisa sampai di sana.

6. Stupa Sumberawan di Candi Singosari
Berlokasi di wilayah Malang, tepatnya di Candi Singosari. Ada sebuah tempat tradisi 1 Suro yang terkenal dengan stupa Sumberawan. Beberapa ritual di sana antara lain ruwatan yang berfungsi untuk meluruhkan berbagai jenis penyakit hati. Selain itu juga ada suguhan Nitiputut dengan memanggil arwah untuk kemudian masuk dalam sebuah boneka.

7. Kali Tempur, Alas Ketonggo Srigati
Ritual saat 1 Suro adalah dengan melakukan perendaman atau kungkum di kali yang memiliki kedalaman 1 meter tersebut.

8. Petilasan Sri Adji Djoyoboyo                                           

Jika Kamu ke Kediri, bisa menemukan tempat tradisi 1 Suro yang terkenal dengan sebutan Petilasan Sri Adji Djoyoboyo. Tepatnya di Kecamatan Pagu. Tradisi suroan di sini dengan membakar sesajen yang dan lantunan doa yang ada di Sendang Tirto Kamandanu. Selanjutnya, di pagi hari akan ada arak-arakan menuju ke Petilasan Sri Adji Djoyoboyo. Dalam arak-arakan tersebut para pemuda akan membawa pusaka dengan para gadis berpakaian tradisional.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mendukung Pembangunan IKN Dengan Konsep Green Material

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dengan konsep green material merupakan langkah strategis untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan memperkuat identitas budaya Indonesia. Penggunaan green material membantu...
- Advertisement -

Baca berita yang ini