Cara Jaga Daya Tahan Tubuh saat Musim Hujan di Tengah Pandemi Covid-19

Baca Juga

MATA INDONESIA, JAKARTA – Saat musim hujan seperti sekarang ini, daya tahan tubuh manusia diuji dengan banyaknya penyakit. Di antaranya terjangkit penyakit seperti flu, demam, diare hingga demam berdarah.

Dengan perubahan cuaca ini, tentunya kamu harus lebih berhati-hati dan menjaga kesehatan. Apalagi di tengah pandemi Covid-19.

Di musim hujan, berbagai bakteri dan virus bisa tumbuh berkali-kali lipat lebih cepat dibandingkan musim kemarau. Daya tahan masing-masing orang berbeda-beda. Ada yang kuat dan ada pula yang lemah. Jika daya tahan tubuh lemah, penyakit akan mudah masuk.

Perlu diingat, bahwa virus Covid-19 rentan menyerang seseorang yang memiliki imunitas rendah. Oleh karena itu, masing-masing harus mampu menjaga kesehatan agar tidak tertular virus.

Selain itu, tentunya tetap menjaga protokol kesehatan, yakni harus menerapkan 3M, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dari kerumunan.

Berikut ini cara yang bisa kamu terapkan dengan mudah agar daya tahan tubuh tetap prima meski di musim hujan:

1. Istirahat yang Cukup
Memiliki sistem kekebalan tubuh kuat merupakan impian semua orang. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Manusia harus mampu menjaga serta meningkatkan imun agar tidak terinfeksi virus Covid-19 yang kini menjadi momok menakutkan. Salah satu caranya adalah istirahat yang cukup di siang dan malam hari.

2. Mengonsumsi Makanan Bergizi Seimbang
Makanan merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama masa pandemi Covid-19. Maka dari itu, perlu adanya gizi yang seimbang serta kaya akan vitamin seperti sayuran hijau, brokoli, bayam, buah, seperti apel, tomat dan ubi. Selain kedua sayur tersebut.

Masih banyak lagi makanan yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan imun tubuh, di antaranya yaitu kunyit, bawang putih, seafood (ikan, kerang, tiram).

3. Rutin Berolahraga
Dengan berolahraga seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini dapat mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit. Intensitas waktu untuk melakukan kegiatan ini kurang lebih sekitar 75 menit aktivitas fisik aerobik dalam satu minggu

4. Konsumsi Banyak Air Putih
Di masa pandemi seperti sekarang, sangat penting bagi seseorang untuk tetap menjaga bahkan meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak terinfeksi virus. Maka dari itu kamu perlu memenuhi kebutuhan air sehingga tidak akan mengalami dehidrasi.

5. Konsumsi Suplemen Secara Rutin
Selain mengonsumsi banyak makanan-makanan bergizi, terkadang seseorang juga perlu suplemen pendamping atau vitamin C dalam meningkatkan imun tubuh.

Vitamin C  bisa membantu menguatkan antibodi dan mengurangi gejala demam. Kamu bisa mengonsumsi makanan sumber vitamin C seperti cabai merah dan hijau, serta buah-buahan seperti pepaya atau nanas.

Reporter: Purwati Soleha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Survei Elektabilitas Bakal Calon Walkot Jogja yang Bertarung di Pilkada 2024, Sosok Ini Mendominasi

Mata Indonesia, Yogyakarta - Menjelang Pilkada 2024 di DIY, sejumlah lembaga survei sudah bergeliat menunjukkan elektabilitas para bakal calon Wali Kota dan juga Bupati. Termasuk lembaga riset Muda Bicara ID yang ikut menunjukkan hasil surveinya. Lembaga yang diinisiasi oleh kelompok muda ini mengungkap preferensi masyarakat Kota Jogja dalam pemilihan Wali Kota Jogja 2024.
- Advertisement -

Baca berita yang ini